Tak Mau Terjebak Perang Isu, Bawaslu Minta SBY Sampaikan Bukti Ketidaknetralan Polri, TNI, dan BIN

Tak Mau Terjebak Perang Isu, Bawaslu Minta SBY Sampaikan Bukti Ketidaknetralan Polri, TNI, dan BIN
BENTENGSUMBAR. COM - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan meminta Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menyampaikan bukti mengenai pernyataannya yang menyebut adanya oknum Badan Intelijen Negara (BIN), TNI, dan Polri yang diduga tidak netral dalam Pilkada 2018 mendatang.

Menurut Abhan, jika SBY bisa menyampaikan bukti kuat maka akan mempermudah Bawaslu melakukan penelusuran.

“Kalau ada bukti kuat dan disampaikan kepada kami maka akan kami tindaklanjuti, seperti kasus Wakapolda di Maluku yang dicopot Kapolri karena tidak netral, saat ini sudah ada sanksi administrasi tersebut, Bawaslu Maluku masih telusuri lebih lanjut kalau ada unsur pidana akan kami tindaklanjuti juga,” ujar Abhan di Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 25 Juni 2018.

Sementara itu anggota Bawaslu RI, Mochamad Afifudin menyatakan pihaknya tidak mau terjebak perang isu dengan menanggapi semua tudingan dugaan pelanggaran pemilihan umum yang tanpa disertai bukti.

“Kami harus pahami perang isu antarpihak yang terlibat di Pilkada 2018 ini memanas jelang pemilihan, kami tak mau terjebak di situ dengan tanggapi semua, kalau ada bukti dan temuan yang kuat sampaikan ke kami serta ke Bawaslu di berbagai level dan pasti akan kami tindaklanjuti,” imbuhnya.

Pihak Bawaslu sendiri mengaku belum menerima bukti apa pun mengenai apa yang disampaikan SBY.

“Apa yang disampaikan Pak SBY belum disertai bukti kepada kami, itu juga menjadi himbauan kami kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkada agar berbagai temuan dugaan pelanggaran bisa disampaikan ke kami dan wajib kami tindaklanjuti,” pungkas Abhan.

SBY menyampaikan adanya dugaan oknum BIN, Polri, dan TNI yang tak netral dalam Pilkada 2018 dalam konferensi pers di Bogor, Jawa Barat pada 23 Juni 2018 lalu.

“Yang saya sampaikan ini cerita ketidaknetralan elemen atau oknum dari BIN, Polri, dan TNI itu benar ada, nyata adanya, ada kejadiannya, ini bukan hoaks, itu oknum,” ucap SBY saat itu.

(Sumber: tribunnews.com)

Ayo Jangan Golput, 1 Suara Sangat Menentukan di Pilkada Serentak

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »