Prabowo: Utang Pemerintah Naik Rp1 Triliun Tiap Hari

Prabowo: Utang Pemerintah Naik Rp1 Triliun Tiap Hari
BENTENGSUMBAR. COM - Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto mengkritik keras kebijakan ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terutama terkait  utang pemerintah.

"Saudara-saudara, utang pemerintah kita naik terus, naik terus. Sekarang hitungannya naiknya Rp1 triliun tiap hari," kata Prabowo saat membedah buku karyanya berjudul Paradoks Indonesia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu, 1 September 2018.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, total utang pemerintah pada Juli 2018 mencapai Rp4.253 triliun, naik Rp26 triliun dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan dibandingkan posisi akhir tahun lalu, total utang tersebut naik Rp314 triliun. 

Selain menyoroti utang, Prabowo juga menyebut saat ini ada ketimpangan yang luar biasa antara orang kaya dan orang miskin di Indonesia.

Mengutip data Bank Dunia, menurut Prabowo, saat ini Indonesia mengalami ketimpangan ekstrem. Bahkan ia memprediksi, jika tidak ada perubahan, Indonesia selamanya bakal menjadi negara miskin. 

"Pertumbuhan ekonomi tidak naik, Indonesia terancam negara miskin selamanya. Ya benar ada orang Indonesia yang kaya raya. Di Indonesia 40 orang terkaya kekayaannya 584 ribu kali rata-rata orang Indonesia," tuturnya.

Ia juga menyebut satu persen penduduk menguasai setengah kekayaan Indonesia, sedangkan 10 persen penduduk menguasai 75 persen kekayaan Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekonomi Indonesia sepanjang pemerintah Presiden Joko Widodo tumbuh rata-rata sekitar 5 persen. Pada kuartal II lalu, pertumbuhannya tercatat mencapai 5,27 persen. 

Di sisi lain, angka ketimpangan tercatat menunjukkan penurunan yang ditunjukkan dengan indeks rasio gini yang turun dari posisi 0,393 pada Maret 2017 menjadi 0,389.

Dalam kesempatan itu, Prabowo membedah pemikiran yang telah ia tuangkan dalam Paradoks Indonesia terbitan tahun 2017.

Sejumlah tokoh hadir dalam kesempatan ini, seperti Hashim Djojohadikusumo, Mien Uno, Rizal Ramli. Sandiaga Uno dan Fadli Zon juga dijadwalkan hadir dalam acara ini.

(Sumber: cnnindonesia.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »