Harmen Peri Canangkan Kesatuan Penggerak PKK dan KB Kes Tingkat Kota Padang

Harmen Peri Canangkan Kesatuan Penggerak PKK dan KB Kes Tingkat Kota Padang
BENTENGSUMBAR. COM -  Ir. Hermen Peri, M.Si., Asisten Perekonomian dan Kesra Kota Padang mencanagkan kesatuan gerak PKK dan KB -Kesehatan tingkat kota Padang di halaman kantor Camat Pauh, Senin, 15 Oktober 2018.

Pemerintah kota Padang memegang komitmen yang kuat untuk mewujutkan kota yang mampu mengendalikan angka kelahiran, disamping itu dapat meningkatka derajat kesehatan melalui penurunan angka kematian Ibu hamil dan dapat menurunkan angka kematian bayi dan balita.

Pada kesempatan itu, Hermen mengatakan, selama enam bulan dapat diIntensifikasi dan ekstensifikasikan pelayanaan kesehatan Keluarga Berencana (KB). melalui penyuluhan dapat memberikan kegairahan para kader, sehingga mendorong masyarakat ikut berpartisipasi untuk mengingatkan satu sama lain akan arti pentingnya kesehatan keluarga berencana.

"Pencanagan ini nantinya akan ditindaklanjuti disetiap kecamatan, karena peran ibu ketua Tim Penggerak PKK sangat besar untuk suksesnya pelayanan program KB," ujar Hermen.

Melalui partisipasi Tim Penggerak PKK diharapkan peran aktif dasa wisma bersama lintas sektor merupakan indikator penilaian keberhasilan pelaksanaan satuan gerak PK dan KB. peran aktif dasa wisama membawa kontribusi akan menurunnya angka kematian ibu, kematian Bayi. Kesehatan lingkungan perlu menjadi perhatian untuk hidup bersih dan sehat, dan membawa dampak terhadap pengendalian pertumbuhan penduduk serta penurunan angka kematian.

Dia mengharapkan kegiatan kesatuan gerak PK-KB kesehatan di fokuskan pada daerah kampung KB, karena daerah ini membutuhkaan perhatian, karena diwilayah tersebut kondisinya masih memperihatinkan.

"Masih adanya rumah tidak layak, pola hidup masyarakat terkait masalah kesehatan masih membutuhkan perhatian, tidak memiliki jamban dan masih adanyanya anak-anak putus sekolah. Inilah tantang kedepan untuk merobah prilaku masyarakat melalui program kesatau gerak PKK dan keluaraga Berencana," ujarnya.

Sementara itu, Ktua PKK Kota Padang Harneli mengatakan, pada intinya semua gerakan PKK dan program yang dilaksanakan memberikan kontribusi untuk kesuksesan pembangunan kota Padang., terutama dalam program unggulan serta pengentasan kemiskinan.

"Dibidang keluarga berencana PKK terus memberikan perhatian untuk prasejahtera, khususnya di daerah pinggir kota Padang.disamping itu pelayanan deteksi dini kanker servik pada ibu-ibu PUS terus dilaksanakan. Karena kondisi ini terus bertamabah dan diketahui hanya pada stadium yang sudah lanjut," ungkapnya. 

Untuk itu diharapkan kepada Tim Penggerak PKK, baik di kelurahan maupun dikecamatan agar mengimbau Ibu-Ibu PUS memeriksa secara dini pada tenaga kesehatan. Dibidang kesehatan pelaksanaan pembudayaan hidup bersih, sehat terus didengungkan melalui gerakan PKK dan Dasawisma. Tim penggerak PKK terus berupaya melaksanakan program melalui Posyandu, BKB terintegrasi holistik intekgratif, tutur Harneli. 

(yt)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »