Agar Sehat dan Cerdas, Harneli Ajak Warga Kota Konsumsi Ikan

Agar Sehat dan Cerdas, Harneli Ajak Warga Kota  Konsumsi Ikan
BENTENGSUMBAR. COM - Mengkonsumsi ikan dapat menyehatkan dan mencerdaskan otak anak, mengingat ikan sebagai bahan pangan dari sumber protein memiliki keunggulan antara lain kandungan Omega 3 tinggi sangat baik untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf, komposisi asam amino lengkap dan mudah dicerna serta diserap tubuh.

"Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan lebih sehat dan menyehatkan kita, serta paling mencerdaskan dari mengkonsumsi makanan lain," ujar Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang, Harneli saat memberikan sambutan acara peringatan Harkannas (Hari Ikan Nasional ) ke-5 Tahun 2018 di Pelataran Parkir Gor H. Agus Salim Padang, Sabtu, 24 November 2018.

Dikatakan Harneli, Kota Padang merupakan salah Kota yang terletak dipinggiran Pantai, yang memiliki laut yang sangat luas, mempunyai kandungan ikan sangat banyak yang bisa dikonsumsi setiap hari. 

“Jangan sampai masyarakat Kota Padang termasuk orang yang tidak suka makan ikan,” ujar Harneli yang juga Ketua Penggerak PKK Kota Padang.

"Kita lihat orang Jepang banyak yang cerdas-cerdas, karena makanan pokoknya lebih banyak mengkonsumsi ikan dari pada makanan yang lainnya, hal tersebut perlu kita contoh," cakapnya.

Ia mengimbau agar masyarakat Kota Padang selalu mengkonsumsi makanan olahan yang serba ikan, agar anak-anak sehat dan cerdas, jangan terlalu banyak makan makanan yang siap saji.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, Yosmeri yang juga ikut hadir pada peringatan Harkanas Tingkat Kota PadangTahun 2018 menyampaikan, tahun ini terjadi peningkatan konsumsi ikan yang sangat bagus. Awal diperkenalkan tahun lalu, konsumsi ikan baru 23 Income perkapita, sekarang sudah meningkat menjadi 36,6 Income perkapita.

"Peningkatan ini terjadi karena kita sudah ada Forikan, untuk Kota Padang di ketua oleh Ibu Harneli dan untuk Provinsi diketuai oleh buk Nevi. Forikan ini juga sudah ada di setiap Kabupaten dan bahkan disetiap Nagari juga sudah ada. Kita mendorong diversifikasi produk hasil Perikanan, ada sate Ikan, ada Nugget, Bakso Ikan, Rendang Tuna dan macam-macam lainnya sehingga orang tidak jenuh makan ikan," tegasnya.

Menurutnya, saat ini sudah lebih dari 110 lebih jenis inovasi produk hasil perikanan. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peningkatan konsumsi ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang, Eviet Nazmar mengatakan, Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang selalu mensosialisasikan, dan memperkenalkan kembali kepada masyarakat agar gemar makan ikan, salah satu caranya dengan memberikan makanan gratis serba ikan selama persedian masih ada.

“Tujuannya supaya masyarakat itu bisa kembali mengingat bagaimana rasanya menu ikan ini, sehingga nanti bisa menerapkan dilingkungan keluarga mereka masing-masing,” imbuh Eviet.

Editor: Zamri Yahya, SHI
Laporan: Vebri Nanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »