DPRD Padang

PADANG

SUMBAR

Latif

Politik Luar Negeri Prabowo Ketinggalan Zaman

          Politik Luar Negeri Prabowo Ketinggalan Zaman
Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut 2 di Pilpres 2019.
Iklan Mastilizal Aye
Iklan Mastilizal Aye
Politik Luar Negeri Prabowo Ketinggalan Zaman
BENTENGSUMBAR. COM - Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani menilai pernyataan Prabowo Subianto soal rencana Australia memindahkan kedubesnya di Israel ke Yarussalem berdasarkan pemikiran usang. Menurut Arsul, apa yang diutarakan Prabowo hanyalah melihat prinsip-prinsip hubungan internasional secara normatif saja.

"Melihat sisi hubungan internasional secara normatif saja adalah bentuk diplomasi yang sudah lama ditinggalkan oleh banyak negara. Pak Prabowo tampaknya berpikir dengan model out of date diplomacy," kata Arsul dalam keterangan yang diterima, Sabtu, 24 November 2018.

Dalam praktik hubungan internasional yang sebenarnya sudah cukup lama, menurut Arsul, banyak negara yg tidak berpaku pada aspek normatif saja dengan menyatakan bahwa suatu sikap negara adalah kedaulatan dan kewenangan negara itu sendiri.

Australia sendiri termasuk negara yang tdk hanya membatasi diri pada kerangka normatif saja dalam politik luar negerinya. Arsul memberi contoh misal terkait dengan eksekusi mati dua warga Australia dalam kasus narkotika Bali Nine.

Juga ketika terungkap adanya penyadapan terhadap Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono oleh intelijen Australia.

"Belum lagi peran aktif Australia mengirimkan pasukan tempurnya dalam koalisi yang dipimpin AS ke beberapa negara yang sedang diperangi," kata Arsul.

Bahkan dalam isu hukuman mati di RKUHP yang saat ini masih dibahas, Arsul yang juga anggota Panja RKUHP merasakan adanya upaya mempengaruhi dari Australia.

"Ini semuanya menunjukkan bahwa prinsip normatif dalam hubungan diplomatik antar negara tidak lagi bisa dipegang dengan kaku, terutama ketika sudah menyangkut kepentingan nasional dan internasional suatu negara," jelas Arsul.

(Sumber: jpnn.com)
Follow us:
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...
Iklan Mastilizal Aye
Iklan Mastilizal Aye

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *