Timses Jokowi: Zaman Orba Lebih Korup Dibanding Era Sekarang

Timses Jokowi: Zaman Orba Lebih Korup Dibanding Era Sekarang
BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Raja Juli Antoni, mendukung pernyataan Jokowi yang menegaskan jangan sampai ada yang mengatakan indeks korupsi di Indonesia sudah masuk stadium 4. Toni menyebut zaman Orde Baru (Orba) lebih korup daripada era sekarang.

"Istilah 'stadium 4' itu kan justru dipakai Jokowi untuk mengatakan bahwa Pak Jokowi tidak melakukan apa-apa. Pemberantasan korupsi kita mandek dan sebagainya, nggak, pemberantasan korupsi kita berjalan," ujar Toni saat dihubungi, Selasa, 4 Desember 2018.

"Dan sekaligus mengatakan data yang dikasihkan Pak Ketua KPK itu menunjukkan bahwa memang zaman Orde Baru itu lebih korup daripada masa sekarang ini. Indeksnya 20 ya tahun '98, kemudian berhasil naik ke '37," lanjutnya.

Toni kemudian menyinggung pernyataan 'korupsi stadium 4' yang pernah dilontarkan capres Prabowo Subianto. Menurutnya, lagi-lagi Prabowo bicara tanpa data karena Corruption Perception Index (CPI) Indonesia justru mengalami kenaikan.

"Ya saya kira lagi-lagi memang Pak Prabowo berbicara tanpa data ya. Corruption Perception Index-nya ya, CPI kita memang kalau kita lihat dari presentasi Ketua KPK tadi itu kan dari tahun '98, itu kita surplus 17 dari 20% pada tahun '98, di zaman akhir Pak Harto, kemudian membaik di angka 37. Belum sempurna, tapi itu ada perbaikan," ucap politikus PSI ini.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan loncatan Corruption Perception Index (CPI) Indonesia dari 1998 hingga 2018 sangat signifikan. Saat ini CPI Indonesia ada di angka 37. Jokowi pun menegaskan jangan sampai ada yang mengatakan indeks korupsi di Indonesia sudah masuk stadium 4.

"Dari yang terjelek se-ASEAN, sekarang naik menjadi CPI ke angka 37, ini patut disyukuri. Jangan sampai ada yang bilang korupsi kita stadium 4, tidak ada," kata Jokowi seusai peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) 2018 di gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pernyataan soal 'korupsi stadium 4' pernah dilontarkan capres Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam The World in 2019 Gala Dinner di Grand Hyatt Hotel, Singapura. Prabowo mengatakan korupsi di Indonesia sudah sangat parah dan merusak masa depan bangsa.

(Sumber: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »