Bupati Karawang Ikut Klarifikasi soal Pernyataan Sandiaga Uno di Debat Capres

Bupati Karawang Ikut Klarifikasi soal Pernyataan Sandiaga Uno di Debat Capres
BENTENGSUMBAR. COM - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengklarifikasi isu adanya persekusi dan kriminalisasi terhadap seorang nelayan di Karawang, Jawa Barat.

Cellica menyebutkan, bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Karawang, ia telah membahas pernyataan cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno saat debat pilpres yang menyebut ada persekusi di Karawang, Kamis, 17 Januari 2019 malam.

"Ada beberapa bahasan yang harus kami klirkan. Agar tidak terjadi suatu perdebatan atau suatu opini yang sebenarnya tidak benar," kata Cellica saat memberikan klarifikasi bersama jajaran Forkopimda di Mapolres Karawang, Jumat, 18 Januari 2019.

Hanya saja, ia mengaku tidak ingin masuk ke ranah politik. Ia mengklarifikasi opini tersebut lantaran persekusi sudah menjadi perbincangan secara nasional.

"Kami sebagai Pemda Karawang ingin memberikan sedikit klarifikasi agar ini bisa menjadi pembelajaran kita semua. Bahwa sebuah informasi ini bisa berdampak hal yang tidak baik, ketika informasi yang diterima masyarakat ini sebenarnya tidak benar," katanya.

Cellica menyebutkan, fakta-fakta hukum terkait kasus yang dilaporkan maupun yang menyeret Najib, ia menyerahkan kepada Kapolres Karawang untuk menjelaskan.

"Nanti Bapak Kapolres secara teknis menjelaskan siapa saudra NJ (Najib) tersebut, apa persoalannya, dan mengapa bisa terjadi yang akhirnya menjadi sebuah opini," kata dia.

Menanggapi pernyataan Najib yang tidak mendapat bantuan untuk nelayan dari pemerintah saat kunjungan Sandiaga Uno ke Pasirputih, Cilamaya Kulon, Karawang beberapa waktu lalu, Cellica mengatakan yang bersangkutan bukanlah nelayan ataupun anggota suatu kelompok nelayan.

"Sehingga ketika berbicara terkait bantuan yang diberikan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, saya rasa itu harus diklirkan, bantuan seperti apa yang saudara NJ (Najib) maksud," katanya.

Cellica mengaku beberapa kali duduk bareng dengan para nelayan. Teranyar, Pemkab Karawang melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan jaring kepada nelayan di Desa Sedari. Sehingga ia membantah tidak ada bantuan dari pemerintah untuk nelayan.

"Sebenarnya dikatakan ada bantuan, ada. Persoalan merata atau tidak, tentunya secara bertahap bisa kami lakukan bantuan tersebut," katanya.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya membantah terjadi persekusi dan kriminalisasi terhadap Najib, warga asal Pasirputih, Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

"Tidak benar ada persekusi atau kriminalisasi terhadap saudra NJ di wilayah hukum Polres Karawang. Kalaupun ada, silakan dilaporkan kepada aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian, dan tentunya akan kita proses hukum pidana sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Slamet.

(Source: kompas.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »