PADANG

SUMBAR

Latif

Ketika Kiai Ma'ruf dan Tokoh Sunda Solihin GP Saling Hormat

          Ketika Kiai Ma'ruf dan Tokoh Sunda Solihin GP Saling Hormat
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menerima Sorban dan kujang dari sesepuh Jabar Solihin GP.
Iklan Albert
Ketika Kiai Ma'ruf dan Tokoh Sunda Solihin GP Saling Hormat
BENTENGSUMBAR. COM - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin hari ini dikukuhkan sebagai sesepuh Sunda. Pengukuhan dilakukan saat cawapres nomor urut 01 itu bersilahturahmi dengan para tokoh masyarakat sunda di Bandung, Jawa Barat.

Turut hadir sesepuh Jabar, yang juga Gubernur Jabar periode 1970-1974, Solihin Gautama Purwanegara atau Mang Ihin. Dia kini menjabat sebagai Dewan Pembina Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin. Komunitas Sadulur Salembur Sunda, dan Ketua Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi juga Juga turut meramaikan pengukuhan tersebut.

"Alhamdulillah hari ini, saya dengan keluarga mendapatkan sambutan dalam rangka penganugerahan, bahwa kami dinyatakan sebagai sesepuh tokoh masyarakat Jawa Barat, masyarakat Pasundan. Karena memang, saya punya darah Pasundan dari Padjajaran, dari Sumedang. Karena itu, pengakuan ini, menjadi penghormatan buat saya, memiliki tanggung jawab besar, mewujudkan cita-cita leluhur Jawa Barat, Pasundan," kata Ma'ruf di Ballroom Hotel Horizon, Bandung, Sabtu, 19 Januari 2019, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id.

Mantan rais aam PBNU ini kembali menegaskan bukti Jokowi menghargai masyarakat Sunda. Salah satu buktinya adalah, dirinya yang terpilih sebagai calon wakil presiden mendampingi Jokowi.

"Hari ini memang saya, diajak, diminta oleh Pak Jokowi menjadi calon wakil presiden. Dan saya mau, karena apa, ini berarti menghargai masyarakat Pasundan," ujar Ma'ruf.

Ketua umum MUI ini mengungkapkan, alasannya mau mendampingi Jokowi lantaran cita-cita besar membawa Indonesia semakin maju dan sejahtera. Baik yang infrastruktur, pembangunan ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan.

"Karena cita-cita yang tulus itulah, dan semangat yang tinggi itu, dan tetap membangun kerja sama yang baik, bahkan dia membangun Indonesia tidak hanya terkonsentrasi di Jawa, tetapi juga sampai ke seluruh Nusantara bahkan Papua, yang dulu sebelumnya, kurang memperoleh perhatian. Sekarang sudah dibangun infrastrukturnya oleh Pak Jokowi," kata Ma'ruf.

Di tempat yang sama, Ketua Komunitas Salembur, Heidi Mulyadi Hidayat, mengucap terima kasih dengan kegiatan tersebut. Dia berharap, dengan kehadiran Ma'ruf, bisa mempersatukan masyarakat Sunda.

"Yang saya lihat Sunda ini agak terpecah dengan Pilpres ini. Mudah-mudahan dengan adanya Pak Kiai Ma'ruf ini bisa mempersatukan. Walaupun kita berbeda setelah Pilpres ini kita kembali bersatu. Itu intinya, Sunda adalah satu," ujar Heidi.

Ma'ruf sendiri di dalam acara pengukuhannya, sempat diberikan sorban dan kujang sebagai simbol dirinya sesepuh Sunda. Simbol tersebut langsung diberikan sesepuh Jabar, Solihin GP.

Yang mengharukan, Solihin GP yang sejak datang berada di kursi roda, rela berdiri untuk memberikan itu. Bahkan dirinya memberikan hormat ke Ma'ruf Amin, yang langsung dibalas Ketua MUI itu. Keduanya terlihat akrab.

Di akhir acara, giliran Kiai Ma'ruf mengalukangkan sorban kepada Solihin GP, dan juga sejumlah tokoh Sunda. Antara lain kepada Ketua Komunitas Sadulur Salembur Heidi Mulyadi Hidayat dan tokoh Pasundan, Didi Turmudi.

(Source: inews.id)
Iklan Alex
Follow us:
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...
Iklan Mastilizal Aye

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *