Wagub Nasrul Abit Puji Keindahan Pulau Sanding Pagai Selatan

Wagub Nasrul Abit Puji Keindahan Pulau Sanding Pagai Selatan
BENTENGSUMBAR. COM - Pulau Sanding Pagai Selatan merupakan pulau terujung Kepulauan Mentawai dengan jarak tempuh dari Padang 280 KM dan dari Muko-Muko Bengkulu Utara 111 KM. Sedangkan dari Tuapejat  sejauh 197 KM. Pulau ini memiliki laut yang jernih dan bening, belum terjamah pembangunan daerah. 

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit di sela-sela kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Mentawai berkesempatan mengunjungi pulau tersebut. "Pulau yang indah, air yang bersih dan bening serta memilik potensi yang banyak, seperti kelapa, lobster, gurita dan tripang. Pulau ini juga memiliki ombak surfing terbaik di daerah ini. Pulau ini juga merupakan tempat persinggahan para nelayan yang ingin mencari ikan. Dimana mereka bisa satu minggu nginap, kemudian juga digantikan dengan rombongan berikutnya," ungkap wagub, Selasa, 16 Januari 2019. 

Ikut dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati Kortanius Sabaleake, Kepala Sinakak,  Kecamatan Pagai Selatan,  Tarsan Samaloisa,  Camat Rahmat Jaya, Dinas Perhubungan Mentawai serta beberapa staf umum. 

Dikatakan wagub, namun pulau tersebut belum belum jelas kepemilikannya. Ada ombak sepanjang 2 KM yang cukup tinggi dan bisa untuk surfing. "Semua keindahan dan potensi Pulau Sanding akan kita sampaikan kepada Menko Maritim dalam bagian percepatan pembangunan Mentawai Selatan. Bagaimana pun, dalam pengelolaan pulau ini, kita harus melibatkan masyarakat di Sinakak, termasuk dalam pengembangan pariwisata di kawasan ini," terangnya. 

Menurut wagub, dengan nanti dikembangkan pembangunan dermaga Boriay, maka akan banyak orang dapat berkunjung ke pulau tersebut. "Pulau Sanding dengan pasir putih yang luar biasa, indah dan menarik ini merupakan potensi yang tersimpan,  dan kunjungan hari ini dikunjungi pertama oleh Pemkab Kepulauan Mentawai. Kita berharap kunjungan  dapat ditinjaklanjuti sebagaimana mestinya," ungkap Nasrul Abit. 

Wakil Bupati Kortanius Sabaleake mengatakan,  Pulau Sanding indah dan sangat cantik. Dalam memaksimalkan pulau ini, perlu dibuat dermaga panjang karena pantai dengan air jernihnya bisa dengan banyak permainan jika dikembangkan. "Ada banyak potensi yang dicari masyarakat nelayan dari berbagai daeah yang datang, seperti lobster,  gurita, tripang (swallow). Kita yakin ini pulau ini akan menjadi daya tarik saat demaga Boriay dikembangkan secara baik dalam memajukan ekonomi masyarakat Mentawai di masa datang,"  ujarnya. 

Saat berkunjung ke Pulau Sanding, tim juga berdialog dengan masyarakat pengunjung Beni Ansharullah dari Pasar Puat  Sikapap Utara Kecamatan Saumanganyak. "Kami mendatangi pulau ini silih berganti mencari reski. Bahkan kami mempersiapkan bekal untuk seminggu,  walau kadang juga mesti bertahan selama 10 hari mengingat cuaca untuk kembali," ceritanya. 

Editor: Zamri Yahya, SHI
Laporan: Zardi Syahrir

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »