696 Kotak Suara di Gudang KPU Cirebon Rusak Terkena Air Hujan

696 Kotak Suara di Gudang KPU Cirebon Rusak Terkena Air Hujan
BENTENGSUMBAR. COM -  Sebanyak 696 kotak suara yang disimpan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon rusak akibat terkena air hujan.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat meminta kotak suara rusak itu segera diganti dengan yang baru. 

Kerusakan ratusan kotak suara tersebut diketahui setelah Bawaslu Jabar melakukan inspeksi mendadak (sidak) gudang logistik milik KPU Kabupaten Cirebon, Minggu, 10 Februari 2019 siang.

Koordinator Bawaslu Provinsi Jabar Zaki Hilmi mengatakan, sidang tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti laporan terkait kerusakan ratusan kotak suara milik KPU Kabupaten Cirebon akibat terkena air hujan.

"Dari hasil sidak ini, kami mencatat terdapat 696 kotak suara yang rusak. Kerusakan ini menyebabkan logistik jelang Pilpres dan Pileg 2019 mendatang, berkurang. Karenanya, Bawaslu meminta agar KPU Cirebon segera mengganti kotak suara yang baru dengan mengajukannya kepada KPU RI," kata Zaki.

Selain itu, ujar Zaki, pihaknya juga mengkritisi standard operational procedure (SOP) yang diterapkan KPU Kabupaten Cirebon dalam penyimpanan kotak suara di gudang. "Seharusnya, dalam menyimpan kotak suara tersebut diberikan alas kayu atau sesuatu yang tidak mudah rusak atau basah," ujar dia.

Saat ini, KPU Kabupaten Cirebon tengah memindahkan ribuan kotak suara ke gudang yang lebih aman guna mengantisipasi terjadinya kejadian serupa. Selain itu, KPU Cirebon juga telah melaporkan kerusakan ratusan kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut ke KPU RI.

(Source: sindonews.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »