MBS Teken Kerja Sama Rp 140 T dan Bahas Deradikalisasi dengan China

MBS Teken Kerja Sama Rp 140 T dan Bahas Deradikalisasi dengan China
BENTENGSUMBAR. COM -  Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) bertemu Presiden China Xi Jinping dan meneken kerja sama di bidang perminyakan senilai US$ 10 miliar atau Rp 140,15 triliun. Pertemuan juga membahas deradikalisasi.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, 23 Februari 2019, MBS berbicara mengenai hubungan bilateral Arab Saudi dengan China yang sudah terjalin sejak ribuan tahun lalu. MBS mengaku senang dengan kerja sama yang dilakukan dengan China.

"Dalam ratusan, bahkan ribuan tahun, interaksi antara kedua pihak telah bersahabat. Selama pertukaran yang begitu lama dengan Cina, kami tidak pernah mengalami masalah dengan China," ujar MBS.

Perjanjian kerja sama senilai Rp 140,15 triliun ini guna membangun kompleks petrokimia dan kilang minyak di China. Kompleks ini ditargetkan mampu memproduksi 300 ribu barel minyak per hari dan 1,5 juta ton ethylene per tahun. Kilang ini diharapkan akan mulai beroperasi pada 2024.

Sementara itu, Xi mengatakan kepada MBS bahwa Saudi dan China harus memperkuat kerja sama internasional tentang deradikalisasi untuk "mencegah infiltrasi dan penyebaran pemikiran ekstremis".

Saudi menghormati dan mendukung hak China untuk melindungi keamanannya sendiri dan mengambil langkah kontra-terorisme dan deradikalisasi.

China sendiri melihat "potensi besar" dalam perekonomian Arab Saudi dan menginginkan lebih banyak kerja sama teknologi tinggi. Tetapi China tidak berusaha untuk ikut campur politik di Timur Tengah.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »