Bawaslu Telusuri Kemunculan Bendera Golkar di Kampanye Prabowo

Bawaslu Telusuri Kemunculan Bendera Golkar di Kampanye Prabowo
BENTENGSUMBAR. COM - Partai Golkar menilai keberadaan atribut bendera partai saat kampanye capres Prabowo Subianto di Makassar, Sulawesi Selatan, tak hanya masuk kategori pelanggaran pemilu, tapi juga pidana. Bawaslu RI menyebut sedang menelusuri peristiwa tersebut.

"Masih ditelusuri oleh Bawaslu Sulsel," kata Komisioner Bawaslu RI, Ratna Dewi Petalolo saat dihubungi, Senin, 25 Maret 2019. 

Namun Ratna enggan berkomentar detail saat ditanya apakah peristiwa pengibaran bendera itu masuk kategori pelanggaran pemilu.

Sebelumnya, Partai Golkar mencurigai adanya tindak pidana dalam kasus keberadaan atribut bendera partai saat kampanye capres Prabowo Subianto di Makassar. Golkar mencurigai ada orang di luar Partai Golkar yang membawa bendera tersebut.

"Kalau itu di luar kader partai yang menggunakan dan menyalahgunakan atribut Partai Golkar maka pasti kami akan melaporkannya kepada tindak pidana. Karena atribut Partai Golkar itu hanya bisa digunakan oleh kader Partai Golkar," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 25 Maret 2019.

Ace menyatakan DPP Golkar telah melakukan pembahasan terkait keberadaan atribut Golkar dalam kampanye Prabowo dan akan melanjutkan ke proses hukum. Ia juga mengatakan unsur Golkar yang hadir di kampanye tersebut tidak melakukan konfirmasi dengan DPP. Golkar langsung bergerak cepat dengan membuat laporan ke Bawaslu daerah.

"Tidak pernah, tidak pernah. Oleh karena itu saya tegaskan bahwa siapapun pihak yang menggunakan atribut Partai Golkar untuk kepentingan elektoral untuk capres lain, itu sudah menyalahi, sudah melanggar," tandasnya.

Peristiwa tersebut terjadi dalam kampanye akbar Prabowo Subianto di Lapangan Karebosi, Makassar, Minggu (24/3), sejumlah bendera Partai Golkar tampak berkibar-kibar. Di atas kain berwarna kuning itu, mejeng foto Prabowo-Sandiaga Uno. Padahal, partai yang dipimpin Airlangga Hartarto itu mengusung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Golkar, Golkar, Golkar," teriak massa pembawa bendera sambil mengacungkan salam dua jari khas Prabowo-Sandi.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »