Gubernur Irwan: TdB Dapat Jadi Ajang Promosi Pariwisata Payakumbuh dan 50 Kota

Gubernur Irwan: TdB Dapat Jadi Ajang Promosi Pariwisata Payakumbuh dan 50 Kota
BENTENGSUMBAR. COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi melepas 1.379 orang pesepeda yang terdaftar pada kegiatan Tour de Bumdes Marapi-Singgalang, Minggu, 17 Maret 2019.

Peserta Tour de Bumdes akan mengambil start di depan kantor BNI Kota Payakumbuh, melewati Kelok 9 dan finish di kawasan Harau, Kota Payakumbuh. Tour de Bumdes Merapi-Singgalang ini akan menempuh jarak tempuh 24 Km, yang memperebutkan piala bergilir Mendes dan Piala lepas Menpora.

Hadir dalam acara Tour de Bumdes, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Sekjen  Kemendes PDTT Anwar Sanusi, PLT Ses Ditjen bidang Pembangunan Kemendes PDTT Syahrul Mado, Kepala BPM Sumbar Syafrizal, Kepala Biro Humas Jasman Rizal, pimpinan BNI kota Payakumbuh dan jajarannya.

Disela-sela kegiatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, agenda Tour de Bumdes (TdB) ini bisa menjadi promosi pariwisata di daerah Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota khususnya Sumbar, kegiatan ini potensi besar di sektor pariwisata yang memiliki ragam kultur budaya masyarakat. 

Disamping itu, Sumbar memiliki banyak daya tarik wisata yang secara alamiah dapat disejajarkan dengan tujuan wisata yang sudah berkembang di daerah lain, antara lain Obyek Wisata Alam, wisata Bahari dan wisata budaya/sejarah. 

Gubernur memberi apresiasi kepada Kemendes PDTT yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Payakumbuh yang juga mengundang pesepeda dari provinsi lain, dan pesepeda negara Malaysia. 

"Terima kasih kepada Kemendes PDTT yang telah membuat acara ini, mudah-mudahan sukses dan bisa acara serupa diadakan tiap tahunnya di Sumbar. Pesan saya, agar peserta Tour de Bumdes berhati-hati dijalan dan utamakan keselamatan serta bisa tercapai semua harapan kita semua," kata Irwan Prayitno.

Sekjen  Kemendes PDTT Anwar Sanusi menyampaikan, kegiatan Tour de Bumdes Marapi-Singgalang ini semula memaksimalkan pendaftaran 1.200 orang pesepeda, tetapi yang mendaftar telah melebihi, pendaftaran gratis untuk seluruh peserta.

"Tour de Bumdes akan dibagi dua kelas, yakni City Tour dan Kom (raja tanjakan tercepat kelas King of Mountain)," kata Anwar Sanusi.

Dijelaskannya, tahun sekarang rutenya lebih pendek, start di depan kantor BNI Payakumbuh, melewati Kelok 9 dan finish di kawasan Harau, jarak tempuh 24 Km. Tahun ini, ada 2 tim pesepeda dari negara Malaysia yang telah mendaftar. 

Di sisi lain, acara ini bertabur doorprize dan panitia menyediakan hadiah uang tunai senilai Rp 26 juta untuk pemenang raja tanjakan tercepat kelas King of Mountain.

(rel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »