Luhut Resmikan Jembatan Gantung Terpanjang Indonesia di Sukabumi

Luhut Resmikan Jembatan Gantung Terpanjang Indonesia di Sukabumi
BENTENGSUMBAR. COM - Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan lokasi wisata Jembatan Gantung di Situgunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu, 9 Maret 2019.

Jembatan yang memiliki panjang hampir 250 meter dengan lebar 1,5 meter dan tinggi 161 meter itu di gadang-gadang sebagai jembatan gantung terpanjang dan tertinggi di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

"Potensi Sukabumi ini hebat, mulusnya infrastruktur akan membangun daerah terutama yang memang menonjolkan pariwisata. Selanjutnya pariwisata ini akan menumbuhkan industri baru," kata Luhut kepada awak media didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami usai melintasi jembatan gantung.

Luhut juga memuji lingkungan dan kebersihan di sekitar kawasan milik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang dijaga dengan baik oleh PT Fontis Aquam Vivam selaku pengelola. Dia berharap kondisi itu terus terjaga berapapun banyaknya pengunjung nantinya yang datang.

"Kebersihan ini harus benar-benar dikelola dengan baik terutama soal sampah, temen-temen media teh tah kudu ngomong ka masyarakat tong ngabuang sampah sembarangan," kata Luhut yang menyelipkan bahasa Sunda di akhir kalimatnya.

Di lokasi Luhut juga sempat mempersoalkan sulitnya jaringan telepon seluler di lokasi, Di depan awak media dia menghubungi seseorang dan meminta agar ada Base Transceiver Station (BTS) seluler di lokasi.

"Tadi Pak Marcel (pengelola) bilang BTS enggak ada, saya langsung telepon saya bilang harus ada (BTS) ini. Kalau ada emergency di sini nanti sulit, nah sekarang pemerintah sudah tau makanya mudah-mudahan satu bulan jadi BTS. Enggak ada yang sulit di era pemerintahan kita ini, kita pasti dukung untuk kepentingan masyarakat," ungkap dia.

Di lokasi yang sama Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku akan terus mengembangkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya. Termasuk berkoordinasi dengan wilayah tetangga, Kota Sukabumi.

"Pengunjung lama-lama akan jenuh kalau hanya sekedar wisata-wisata saja, kita juga kerjasama dengan Kota Sukabumi untuk daerah kulinernya kabupaten kan susah karena terpencar. Seperti di Bali di daerah lain tidak ada hotel tapi di Badung ada hotel, nanti juga kita akan kerjasama seperti itu," kata Marwan.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »