Wiranto: Indonesia Lanjutkan Pengembangan Jet Tempur KFX

Wiranto: Indonesia Lanjutkan Pengembangan Jet Tempur KFX
BENTENGSUMBAR. COM - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukam), Wiranto mengadakan pembicaraan penting dengan Menteri Pertahanan Nasional Korea Jeong Kyeong-Doo di kantor Kementerian Pertahanan Nasional Korea di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 6 Maret 2019.

Pertemuan itu dalam rangka pertemuan tingkat tinggi (high-level meeting) membahas kelanjutan program kerja sama pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X.

Dalam pertemuan tersebut, Wiranto membawa pesan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang memutuskan melanjutkan program kerja sama pengembangan jet tempur KF-X/IF-X. Keputusan ini dibuat dengan mempertimbangkan hubungan strategis (strategic partnership) antara Indonesia dan Korea Selatan yang selama ini sudah berjalan dengan baik dan semakin erat.

"Walaupun saat ini pemerintah Indonesia sedang fokus pada pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara yang merupakan aspek vital bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan pemerataan pembangunan, namun pemerintah menganggap kerja sama pengembangan jet tempur KF-X/IF-X bersama Korea Selatan ini sangat penting untuk kemajuan teknologi dan pertahanan negara," kata Wiranto melalui keterangan pers, Kamis, 7 Maret 2019.

Ia menjelaskan‎ kerja sama pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X dengan Korea Selatan merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM lndonesia untuk menguasai teknologi kedirgantaraan generasi 4,5. Hal itu sejalan dengan roadmap Revolusi lndustri 4.0 yang diluncurkan Presiden Jokowi.

"Posisi kemampuan engineer lndonesia saat ini dalam penguasaan teknologi pesawat tempur jet masih belum memadai sehingga diperlukan loncatan yang signifikan dalam peningkatannya," ujar Wiranto.

Dia berharap‎ proses kerja sama pengembangan KF-X/IF-X yang sedang dilaksanakan di Seoul ini dapat mencapai kesepakatan yang akan membawa dampak positif terhadap penguasaan teknologi industri dirgantara nasional, serta memperkuat potensi pertahanan negara.

(Source: beritasatu.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »