Makan Bareng Jubir BPN, Ketua KPU Kota Pariaman Dipecat

Makan Bareng Jubir BPN, Ketua KPU Kota Pariaman Dipecat
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua KPU Kota Pariaman Sumatera Barat, Abrar Azis, mendapat sanksi dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena bertemu dan makan malam dengan Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Abrar dinilai melanggar etik, sehingga dicopot dari jabatan ketua KPU Pariaman. Putusan terkait perkara yang menjerat Abrar dibacakan dalam sidang pleno DKPP, Rabu, 10 April 2019.

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian tetap dari jabatan Ketua kepada teradu Abrar Azis selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pariaman, terhitung sejak dibacakannya putusan tersebut," tulis putusan sidang DKPP yang dilihat detikcom dari laman resmi dkpp.go.id.

Ada empat poin dalam putusan sidang yang dipimpin langsung Ketua DKPP Harjono tersebut.

Pertama, mengabulkan pengaduan pengadu untuk sebagian. Kedua, menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian tetap dari jabatan Ketua kepada teradu Abrar Azis selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pariaman, terhitung sejak dibacakannya putusan tersebut.

Ketiga, memerintahkan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk melaksanakan Putusan ini paling lama 7 (tujuh) hari sejak dibacakan dan Keempat, memerintahkan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk mengawasi pelaksanaan putusan tersebut.

Abrar diadukan ke DKPP oleh April Adet, setelah sebuah foto pertemuannya dengan Dahnil beredar luas di sosial media. 

Pertemuan Abrar-Dahnil berlangsung di 22 Januari 2019 lalu di salah satu rumah makan di Kota Pariaman Sumatera Barat, saat Dahnil melakukan kunjungan ke daerah itu, sekaligus melantik kepengurusan Pemuda Muhammadiyah. 

Abrar menjalani sidang di Bawaslu Sumbar pada Jumat, 29 Maret 2019 yang dipimpin anggota DKPP Teguh Prasetio.

Kepada majelis hakim, Abrar mengakui pertemuan tersebut. Namun ia menegaskan tidak ada pembahasan mengenai Pemilu, karena pertemuan itu terjadi secara spontan diantara sahabat, atas dasar hubungan persahabatan yang terjalin sejak lama.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »