Pasca Pilpres dan Pileg, Gubernur Sumbar: Segala Perbedaan Tidak Perlu Lagi Dipersoalkan

Pasca Pilpres dan Pileg, Gubernur Sumbar: Segala Perbedaan Tidak Perlu Lagi Dipersoalkan
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menghadiri video conference pemantauan Pemilu 2019 di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat, Kamis, 18 April 2019. Video conference dilaksanakan dengan Dirjen Kependudukan dan Capil Kemendagri, Staf Ahli Bidang Hukum Kemendagri, Pusdatin Kemendagri.

"Saya dan Bapak Wakil Gubernur bersama Sekda, TNI dan Polri melaporkan hasil pemantauan pemilu 2019. Dalam video conference tersebut kami laporkan pelaksanan pemilu di Sumater Barat berjalan aman dan lancar," ungkap Gubernur Irwan.

Ketika ditanya tanggapannya tentang kondisi masyarakat Sumbar pasca Pilpres dan Pileg, Gubernur Irwan menjawab dengan sebuah ungkapan. "Biduak laku kiambang Batawuik," katanya. 

Gubernur Irwan menyatakan, pemilu sebagai perwujudan demokrasi telah usai. Segala perbedaan tidak perlu lagi dipersoalkan dan saatnya seluruh komponen masyarakat bersatu mendukung siapapun pemenangnya.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat sumbar, alim ulama, niniak mamak, cadiak pandai, bundo kanduang dan pemuda parik paga nagari, bahwa pesta demokrasi telah kita laksanakan dan alhamdulillah berjalan lancar.  Mari kita pakai pituah biduak lalu kiambang batawuik. Itu sebuah ungkapan bijak falsafah Minangkabau untuk menyikapi proses demokrasi yang baru usai," cakapnya. 

Dikatakannya, jangan biarkan perbedaan itu berlanjut usai pemilu. "Mari kita bergembira bersama menikmati pesta demokrasi yang telah usai kita selenggarakan. Disitulah hebatnya orang Minang yang terbiasa hidup dalam perbedaan, namun tetap bersatu jika perbedaan itu telah sampai kepada sebuah titik keputusan. Orang Minang itu egaliter, demokratis namun selalu menjunjung persatuan dan kesatuan diatas segala-galanya," tegasnya.

Disisi lain Gubernur Sumbar juga mengimbau, kiranya masyarakat bersabar dengan hasil pemilu. Sebaiknya tunggu informasi resmi dari lembaga resmi, yaitu KPU. 

"Sekali lagi saya juga kembali mengimbau masyarakat Sumbar, sebaiknya bersabar menunggu hasil pemilu dari lembaga resmi, yaitu KPU. Berita hoax sangat banyak, kalau tidak hati-hati dan jika kita terpengaruh, bisa memecahbelah persatuan dan kesatuan kita. Mari bersabar dan jangan terpancing dengan berita tak benar," pungkasnya.

(by/jasman)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »