Wajudkan Cita-cita Bung Karno, PDIP Dukung Kebijakan Strategis Jokowi Pindahkan Ibu Kota dari Jakarta

Wajudkan Cita-cita Bung Karno, PDIP Dukung Kebijakan Strategis Jokowi Pindahkan Ibu Kota dari Jakarta
BENTENGSUMBAR.COM - PDIP mendukung penuh wacana Presiden Jokowi yang mematangkan rencana pemindahan ibukota dari Jakarta. Rencana tersebut dinilai sebagai kebijakan strategis Jokowi.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatkaan, apa yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dengan menggelar Rapat Kabinet Terbatas membahas rencana Ibu Kota yang baru sangat menarik. Namanya rencana, implementasinya tentu memerhatikan banyak aspek.

"Salah satunya adalah posisi geopolitik Indonesia yang begitu strategis dan menjadi titik temu, bahkan persenyawaan peradaban antar bangsa di seluruh penjuru dunia," ucap Hasto dalam keterangannya, Senin, 29 April 2019.

Dia menuturkan, kebutuhan pemindahan Ibukota tersebut juga mempertimbangkan arah masa depan Indonesia. Dimana pada tahun 2030 Indonesia diprediksi menjadi kekuatan perekonomian keempat di dunia.

"Jakarta tentu saja tetap berperan sentral dan strategis, apalagi sebagai pusat kekuatan perekonomian Indonesia," ungkap Hasto.

Masih kata dia, PDIP sendiri akan memberikan kontribusi terhadap kebijakan strategis tersebut. Dimana, Tahun 1957 Bung Karno telah meletakkan master plan dengan menjadikan Palangkaraya, Kalimantan Tengah sebagai Ibukota Negara Indonesia. Gagasan ini tentunya diintegrasikan dengan komitmen menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Atas dasar hal tersebut, PDI Perjuangan akan memberikan kajian khusus secara geopolitik, kebudayaan, sosiologis, serta tata ruang yang menggambarkan hebatnya Ibu Kota Indonesia yang baru tersebut yang menampilkan seluruh watak, jati diri, dan sejarah panjang Indonesia Raya kita," jelas Hasto.

Dia menuturkan, Jokowi bergerak cepat dan memulai langkah strategis Indonesia Maju.

"Mari berpacu ke depan. Rakyat sudah menentukan Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin sebagai pemenang pemilu. Saatnya berpikir dan berpandangan maju," pungkasnya.

Wacana pemindahan ibukota dari Kota Jakarta ke Kota lain yang ada di Indonesia kembali diperbincangkan. Mimpi Soekarno yang tak pernah terwujud ini, mulai mencuat lagi saat pemerintahan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Saat memberikan pengantar rapat terbatas (Ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4), Jokowi mengaku optimistis pemindahan ibu kota terwujud bila dipersiapkan dengan matang.

"Saya meyakini Insya Allah kalau dari awal kita persiapkan dengan baik maka gagasan besar ini akan bisa kita wujudkan," kata Jokowi. 

(by/merdeka.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »