PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Bocoran Konsep Ibu Kota Baru: Nuansa Pancasila dan Dekat dengan Pantai

          Bocoran Konsep Ibu Kota Baru: Nuansa Pancasila dan Dekat dengan Pantai
Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis.
Bocoran Konsep Ibu Kota Baru: Nuansa Pancasila dan Dekat dengan Pantai
BENTENGSUMBAR.COM - Pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke luar Pulau Jawa kembali mencuat. Rencana ini telah dibahas dalam rapat terbatas oleh Presiden Joko Widodo, pada Senin, 29 April 2019. Para menteri terkait pun, mulai menindaklanjuti pembahasan di rapat terbatas itu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan nantinya Ibu Kota Indonesia yang baru akan mengusung konsep pembangunan Kota Pancasila.

"Kita punya konsep desain, bisa diterapkan di mana saja. Tapi baru desain, Kota Pancasila adalah konsep desain kami," kata Basuki saat ditemui di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa, 30 April 2019. 

Basuki menjelaskan, pembangunan Kota Pancasila ini nantinya membutuhkan waktu selama 4-5 tahun. Salah satu konsep perkotaan bernuansa Pancasila ini adalah dekat dengan pantai.

Menurut Basuki, konsep pemindahan Ibu Kota tersebut sudah disusun. Nantinya, Ibu Kota baru yang dekat dengan pantai dibuat untuk mencerminkan jika Indonesia merupakan negara Maritim.

"Kita ini kan negara maritim, makanya nanti kota nya harus punya akses ke pantai walaupun tidak harus di tepi pantai," tambahnya. 

Namun, kata Basuki, hal tersebut barulah sebatas konsep. Untuk merealisasikannya tetap membutuhkan waktu yang cukup panjang dan harus mendapatkan persetujuan dari masyarakat dan DPR.

"Selain itu juga harus dibuatkan undang-undang (UU), tidak semudah itu untuk membangun Kota Pancasila ini. Harus ada tahapan termasuk pembentukan UU," jelasnya.

(Source: kumparan.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *