PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Syahrial Aziz: Pelaksanaan Pemilu di Indonesia Semakin Baik

          Syahrial Aziz: Pelaksanaan Pemilu di Indonesia Semakin Baik
Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Syahrial Aziz menyebut pelaksanaan pemilu di Indonesia sudah semakin baik.
Syahrial Aziz: Pelaksanaan Pemilu di Indonesia Semakin Baik
BENTENGSUMBAR.COM - Tudingan kecurangan dalam pelaksaan pemilihan umum (Pemilu), Rabu, 17 April 2019, mendapat respon yang beragam di kalangan tokoh masyarakat di Sumatera Barat.

Misalnya saja Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Syahrial Aziz. Menurutnya, pelaksanaan pemilu di Indonesia sudah berjalan dengan baik. 

"Pelaksanaan pemilu di Indonesia saat ini jauh lebih baik jika kita bandingan pada masa orde baru," ujarnya kepada BentengSumbar.com, Rabu, 1 Mei 2019.

Soal kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU), kata pria yang akrab disapa Yal Aziz tersebut, sudah ada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang bertindak mengawasinya.

"Buktinya kita lihat, setiap pelanggaran yang terbukti di tindak. Misalnya saja, Bawaslu memerintahkan KPU melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU)," tukuknya.

Disamping Bawaslu, ungkap Yal Aziz, ada lembaga lain yang berwenang menangani sengketa pemilu, yaitu Mahkamah Konstitusi. 

"Jika ada pihak yang merasa dicurangi atau dirugikan pada pelaksanaan pemilu, mereka bisa membawanya ke MK," tuturnya.

Pada masa orde baru, jelas Yal Aziz, tidak ada lembaga yang mengawasi pelaksanaan pemilu, tak pula ada Mahkamah Konstitusi, sehingga orang hanya bisa menerima hasil pemilu tanpa bisa melakukan protes secara konstitusional.

Yal Aziz mengajak semua pihak untuk sportif dan legowo menghadapi hasil pemilu. Apatah lagi, saat ini KPU masih melakukan penghitungan manual secara berjenjang terhadap hasil pemilu tersebut.

"Khusus masalah hasil, KPU kan masih menggunakan sistem manual untuk merekap hasil pemilu, bukan quick cout," ujarnya.

Jika ada masyarakat  yang tak mempercayai KPU, Bawaslu, dan MK, masyarakat tersebut sangat patut dicurigai.

(by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *