Fadli Zon Calon Kuat Kembali Isi Kursi Pimpinan DPR dari Gerindra

Fadli Zon Calon Kuat Kembali Isi Kursi Pimpinan DPR dari Gerindra
BENTENGSUMBAR.COM - Partai Gerindra diprediksi kembali mendapat jatah kursi pimpinan DPR untuk periode 2019-2024. Nama Fadli Zon dikabarkan akan kembali mengisi posisi tersebut.

"Fadli Zon. Saya belum dengar (lainnya) kecuali nama Fadli," ungkap anggota Dewan Pengarah Partai Gerindra M Syafi'i saat berbincang dengan detikcom, Rabu, 15 Mei 2019.

Ada alasan mengapa nama Fadli yang kuat untuk kembali mengisi posisi kursi Wakil Ketua DPR. Meski begitu, Syafi'i menyebut ini baru sekedar rumor dan belum menjadi keputusan Gerindra yang perlu restu dari sang ketum, Prabowo Subianto.

"Pertimbangan dia memang punya kemampuan untuk itu. Belum (jadi keputusan resmi Gerindra). Fadli Zon (rumor kuat)," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra, menurut Syafi'i, ada kemungkinan masih akan dijabat oleh Ahmad Muzani. Wakil Ketua MPR itu juga merupakan Sekjen Gerindra.

"Rumor Ketua fraksi tetap Pak Muzani. Kemungkinan Fadli ketua fraksi belum denger," kata Syafi'i.

Syafi'i pun merupakan anggota DPR incumbent. Dari hasil rekapitulasi, ia kembali terpilih sebagai wakil rakyat dari dapil Sumatera Utara (Sumut) I. Soal apakah akan bertugas lagi di Komisi III yang membidangi hukum dan keamanan, Syafi'i menunggu perintah dari fraksi.

"Tergantung putusan fraksi, kita ikut putusan fraksi. Bisa di mana-mana. Patuh saja," tuturnya.

Berdasarkan UU MD3 No 2/2018, kursi Ketua DPR diberikan kepada parpol dengan raihan suara terbanyak. Sementara itu, empat wakil pimpinan DPR menjadi jatah parpol pemenang pemilu sesuai dengan urutan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU sementara, juara Pemilu 2019 adalah PDIP. Kemudian disusul berturut-turut Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »