Prabowo Tolak Hasil Pemilu, Ketua DPR: Berdampak terhadap Pileg

Prabowo Tolak Hasil Pemilu, Ketua DPR: Berdampak terhadap Pileg
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo mempertanyakan sikap calon presiden Prabowo Subianto dan tim suksesnya menolak hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Bambang mengatakan penolakan itu akan berimbas terhadap hasil pemilihan legislatif (pileg) yang digelar serentak bersamaan dengan pemilihan presiden.

"Kalau pemilu ini tidak diakui, konsekuensinya akan berdampak juga pada hasil pemilihan legislatif," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.

Bambang menilai partai-partai pengusung kedua pasangan calon di pilpres 2019 sudah mencapai hasil maksimal di pileg. Dia pun mempertanyakan apakah partai-partai pengusung menginginkan pemilu ulang, termasuk untuk pemilihan legislatif. "Apakah caleg-caleg mereka, kita semua, yang sudah berdarah-darah kemarin ingin mengulang lagi? Kan itu pertanyaannya."

Kubu Prabowo menyatakan akan menolak hasil pemilu curang. Pernyataan itu disampaikan dalam simposium mengungkap fakta-fakta kecurangan pilpres 2019 di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa 14 Mei 2019. "Sikap saya adalah saya akan menolak hasil penghitungan pemilihan, hasil penghitungan yang curang," kata Prabowo. Kubunya tidak bisa menerima ketidakadilan, ketidakbenaran, dan ketidakjujuran.

Tim teknis Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga menyampaikan pemaparan mengenai berbagai kecurangan yang terjadi sebelum, saat pemungutan suara, dan sesudahnya. Di antaranya Kartu Keluarga di beberapa tempat dinilai manipulatif, jumlah pemilih tetap yang bermasalah, serta dugaan adanya tempat pemungutan suara (TPS) tuyul yang memenangkan pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Ketua DPR mengingatkan bahwa sudah ada saluran resmi jika tak sepakat dengan hasil pemilu, yakni Mahkamah Konstitusi. Dia pun mengajak seluruh pihak untuk dewasa, yakni membawa perkara hasil pemilu ke MK dengan bukti-bukti. "Kalau hanya pembentukan opini, yang ada hanyalah menghasilkan kebisingan dan ketidaknyamanan masyarakat."

(Source: tempo.co)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »