Presiden Jokowi Serukan Kedewasaan Berdemokrasi

Presiden Jokowi Serukan Kedewasaan Berdemokrasi
BENTENGSUMBAR.COM -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses demokrasi telah berhasil dikelola dengan baik dari waktu ke waktu. 

Jokowi menyatakan Pancasila adalah pemandu dan menjadi rumah bersama bangsa Indonesia.

"Proses demokrasi telah berhasil kita kelola dengan baik dari periode ke periode waktu, konstitusi selalu dipegang teguh oleh bangsa kita, dan nilai-nilai Pancasila adalah pemandunya yang menjadi rumah bersama kita sebagai bangsa," kata Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Halaman Gedung Pancasila, Jakarta, Sabtu, 1 Juni 2019.

Menurutnya, perjalanan selama 74 tahun ini membuat bangsa Indonesia menjadi dewasa dan matang.

Jokowi menyebut setiap tantangan yang menganggu persatuan dan Pancasila harus menambah kedewasaan bangsa Indonesia. 

Ia berharap tantangan tersebut juga bisa menambah kedewasaan dalam berdemokrasi.

"Semakin dewasa dalam berdemokrasi, dan semakin strategis dalam melangkah untuk kemajuan bangsa, dan semakin dewasa dalam menjaga persatuan dan ketentraman kita," katanya.

Jokowi mengatakan Pancasila telah menjadi pemandu dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, menjadi benteng untuk menghadapi bahaya ideologi-ideologi lain, dan menjadi rumah bersama bagi seluruh komponen bangsa.

"Sebagai sebuah negara besar dan majemuk, sejarah telah menunjukkan bahwa kita adalah bangsa besar yang selalu mampu menghadapi masa masa sulit. Bahkan semakin kokoh bersatu dalam menghadapi tantangan- tantangan bangsa," ujarnya.

Mantan wali kota Solo itu mengharapkan peran komponen bangsa, para ulama, tokoh agama, profesional, hingga budayawan untuk aktif dalam akselerasi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Jokowi pun mengatakan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni menjadi penguat komitmen untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

"Untuk saling toleran, hidup rukun, gotong royong serta melawan paham-paham anti-Pancasila, dan bahaya terorisme serta separatisme yang bisa mengancam persatuan bangsa kita," ujarnya.

"Selamat hari lahir Pancasila. kita Indonesia, kita Pancasila," kata Jokowi menambahkan.

(Source: sinarharapan.co)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »