PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

TKN: Jokowi Tak Pernah Nyumbang Dana Kampanye, BW Baca Di Mana?

          TKN: Jokowi Tak Pernah Nyumbang Dana Kampanye, BW Baca Di Mana?
Juru bicara TKN, Arya Sinulingga menegaskan Jokowi tidak pernah memakai uang pribadinya untuk menyumbang dana kampanye.
TKN: Jokowi Tak Pernah Nyumbang Dana Kampanye, BW Baca Di Mana?
BENTENGSUMBAR.COM - Tim Prabowo-Sandi kembali menyinggung soal sumbangan dana kampanye yang diduga berasal dari uang pribadi Joko Widodo. Menanggapi hal itu, juru bicara TKN, Arya Sinulingga menegaskan Jokowi tidak pernah memakai uang pribadinya untuk menyumbang dana kampanye.

"Enggak ada itu. BW (Bambang Widjojanto) baca di mana itu? 02 itu baca laporan di mana itu," kata Arya kepada wartawan, Jumat, 14 Juni 2019.

Politikus Perindo itu menuturkan, laporan dana kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin sudah diaudit oleh akuntan resmi dari KPU, dan telah dinyatakan lolos. Sehingga, menurutnya, tudingan tim Prabowo-Sandi terkait dana kampanye sebesar Rp 19,5 miliar dari uang pribadi Jokowi adalah kabar bohong.

"BW dan kawan-kawan pengacara 02 itu tak baca detail mengenai itu semua. Itu sudah hoaks juga itu. Pak Jokowi itu tidak ada nyumbang. Itu hoaks itu," tegasnya. 

Sebagaimana diketahui, dalam revisi gugatan sengketa pilpres yang disampaikan ke Mahkamah Konstitusi, Badan Pemenangan (BPN) Prabowo-Sandi mempersoalkan dana kampanye Jokowi-Ma'ruf. BPN menyebut Jokowi menyumbang dana kampanye pilpres sebesar Rp 19,5 miliar dalam bentuk uang. 

"Kami menemukan fakta Pasangan calon 01 dalam Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye Paslon 01 tanggal 25 April 2019, tertulis sumbangan pribadi Joko Widodo, bentuk uang: Rp 19.508.272.030. Bentuk Barang Rp 25.000.000," kata tim BPN Prabowo-Sandi dalam keterangannya, Rabu, 12 Juni 2019.

Sementara berdasarkan penelusuran hasil audit lembaga independen yang ditunjuk KPU untuk mengaudit laporan dana kampanye paslon di Pilpres 2019, total penerimaan dana kampanye sebesar Rp 594.883.534.772. 

Setelah dirinci, tidak ada sumbangan dari pasangan calon, termasuk Jokowi. Jumlah tersebut terdiri dari sumbangan parpol atau gabungan parpol, sumbangan perseorangan, sumbangan pihak lain berkelompok, sumbangan badan usaha non pemerintah dan lain-lain. 

(Source: kumparan.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *