Rekonsiliasi Dikaitkan Kepulangan Habib Rizieq, PKB Bicara Persoalan Hukum

Rekonsiliasi Dikaitkan Kepulangan Habib Rizieq, PKB Bicara Persoalan Hukum
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengaitkan rencana rekonsiliasi dengan kepulangan imam besar FPI Habib Rizieq Syihab. PKB, sebagai salah satu parpol pengusung Jokowi, menyebut hal itu kembali pada persoalan hukum.

"Pada akhirnya ini lebih ke persoalan hukum, jadi kami serahkan kepada hukum agar dilakukan secara adil seadil-adilnya," kata Wasekjen PKB, Daniel Johan, di d'Consulate Resto & Lounge, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu, 6 Juli 2019.

Terlepas dari persoalan kepulangan Habib Rizieq, Daniel mengatakan rekonsiliasi yang baik adalah membangun komunikasi dengan semua pihak. Dia menyebut rekonsiliasi akan membawa suatu keputusan politik.

"Bangun komunikasi yang baik dengan semua stakeholder. Itu dulu. Karena komunikasi itu yang akan membawa apa pun putusan politik nanti," kata dia.

Daniel mengatakan rekonsiliasi antara kubu Prabowo dan Jokowi tidak harus mengenai pembagian kursi menteri, tapi juga ada pemahaman tujuan yang sama untuk membangun bangsa dan negara. Dia juga menyebut presiden yang dilantik akan menjadi presiden bagi rakyat Indonesia.

"Bangsa ini besar dan maju karena kebersamaan karena presiden siapa pun akan dilantik, menjadi presiden semua. Bukan hanya presiden bagi yang memilihnya. Rekonsiliasi suka atau tidak suka menjadi kepentingan kita semua, Indonesia besar dengan gotong royong," tutur Daniel.

Politikus PDIP Zuhairi Misrawi menyebut rekonsiliasi tidak harus menyangkut seseorang. Saat ini, menurutnya, tidak ada lagi perbedaan antara kubu 01 dan kubu 02. 

"Ya itu menyangkut visi, visi bagaimana kita sebagai sebuah bangsa harus bersatu lagi dan tidak ada lagi perbedaan 01 dan 02, kita sebagai sebuah bangsa harus segera kembali," ucap Zuhairi.

Terkait Habib Rizieq, Zuhairi mengatakan imam besar FPI itu sebenarnya bisa kembali kapan pun ke Indonesia. Dia juga menyebut tak ada masalah soal kepulangan Habib Rizieq.

"Terkait dengan Habib Rizieq, saya kira itu kita kembalikan, toh sekarang sebetulnya tidak ada masalah. Habib Rizieq bisa kembali kapan saja, jadi nggak ada masalah tentang Habib Rizieq," jelas dia.

Sebelumnya, adalah Dahnil yang melemparkan wacana rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo dimanfaatkan untuk membawa pulang Habib Rizieq. "Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat beri kesempatan kepada HABIB RIZIEQ kembali ke Indonesia," tulis Dahnil dalam akun Twitter-nya, Jumat, 5 Juli 2019.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »