Sekjen Respons 'Rabun Ayam' Amien Rais: PAN Dukung Pemerintah

Sekjen Respons 'Rabun Ayam' Amien Rais: PAN Dukung Pemerintah
BENTENGSUMBAR.COM - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menegaskan sikap politik partainya sejak dipimpin oleh Zulkifli Hasan pada 2015 silam adalah mendukung pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla, terutama terkait program pembangunan ekonomi dan kesejahteraan. 

Hal itu disampaikan Eddy merespons pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang meminta DPP PAN agar tidak keliru mengambil keputusan hanya demi mendapat satu kursi jabatan di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Eddy mengatakan PAN di bawah kepemimpinan Zulhas tidak mendukung pemerintah bila menemukan program-program yang tidak tidak pas. Hal itu, katanya, selalu disampaikan dengan cara yang bermartabat.

"Sikap politik PAN dari 2015 sejak Zulkifli Hasan, kami mendukung pemerintah untuk terutama terkait program pembangunan ekonomi," ucap Eddy kepada CNNIndonesia.com, Sabtu, 6 Juli 2019.

Kendati demikian, Eddy meluruskan Amien dengan menyatakan bahwa PAN belum bicara tentang arah politik partai di periode kedua pemerintahan Jokowi lima tahun mendatang.

Eddy mengklaim PAN belum mengambil posisi untuk menjadi oposisi atau bergabung dengan partai politik pendukung pemerintah di tahun 2019-2024. 

"Kami belum bicara soal tawaran karena belum ada, tapi saya merasa saat ini kami lebih baik berpikir tentang sikap politik dari pada arah politik apakah mau oposisi atau koalisi, itu ada waktu menentukannya," kata Eddy.

Namun begitu, Eddy mengaku pihaknya menghormati permintaan Amien tersebut. Dia menyebut, apa yang disampaikan mantan Ketua MPR RI itu merupakan kritik yang membangun.

"Apa yang disampaikan Amien adalah nasihat yang konstruktif untuk kami semua, tentu kami akan hormati," ucap dia.

Amien sebelumnya meminta DPP partainya agar tidak keliru mengambil keputusan hanya demi mendapat satu kursi jabatan di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Menurutnya, keputusan menjadi oposisi atau berkoalisi jangan terburu-buru diputuskan.

Amien mengatakan itu menanggapi informasi yang berkembang perihal peluang PAN bergabung dengan pemerintah.

"Dengarkanlah nasihat saya. Jangan kita rabun ayam hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung," ucap Amien melalui video yang diunggah di akun instagram @amienraisofficial, Jumat, 5 Juli 2019.

Amien mengingatkan bahwa pemilih PAN pada Pemilu 2019 begitu besar. Hasil rekapitulasi KPU tingkat nasional menyatakan bahwa PAN memperoleh 6,84 persen atau sekitar 9,5 juta suara nasional.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengklaim 30 dari 34 pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN se-Indonesia menginginkan partai bergabung ke koalisi Jokowi usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

(Source: cnnindonesia.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »