Jadi Menteri, Susi Pudjiastuti Sebut Kembalikan Duit Negara 9,4 T

Jadi Menteri, Susi Pudjiastuti Sebut Kembalikan Duit Negara 9,4 T
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengklaim telah mengembalikan duit negara senilai triliunan rupiah selama ia menjabat sebagai menteri. Dalam pemaparan kinerja triwulan II 2019, Susi mengatakan kementeriannya telah mengembalikan anggaran Rp 9,4 triliun.

"Dalam empat tahun, kami kembalikan Rp 9,4 triliun karena efisiensi," ujar Susi di kantornya, Gambir, Jakarta Pusat, pada Senin petang, 9 September 2019.

Susi mengatakan kementeriannya berhasil menekan anggaran untuk biaya program dan operasional kementerian selama 4 tahun. Penghematan dilakukan di masing-masing unit.

Pada 2015, misalnya, KKP telah menghemat anggaran Rp 1,09 triliun. Kemudian pada 2016, kementerian itu menghemat Rp 2,93 triliun. Penghematan berturut-turut dilakukan sampai pertengahan 2019.

Bahkan, menurut Susi, KKP menjadi satu-satunya kementerian yang melorotkan anggarannya dalam APBN. Pada 2018, misalnya, APBN untuk KKP Rp 9 triliun. Sedangkan pada 2019 turun menjadi Rp 6 triliun.

Selain berhasil menghemat hingga mengembalikan duit negara, Susi menyebut kementeriannya telah berhasil meningkatkan pendapatan negara bukan pajak atau PNBP. "PNBP di sektor perikanan sebelum Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) menjabat cuma Rp 300 miliar. Mulai tahun kemarin hampir Rp 1 triliun," tuturnya.

Pada triwulan II 2019, misalnya, PDB perikanan tumbuh 6,25 persen atau lebih tinggi 29,39 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 4,83 persen. Menurut nilainya, kata Susi Pudjiastuti, PDB pada triwulan II 2019 naik menjadi Rp 62,24 triliun. PDB itu lebih besar ketimbang tahun sebelumnya yang hanya Rp 58,58 triliun.

(Source: tempo.co)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »