Struktur Final Kabinet Tunggu Dialog Presiden dengan Ketum Parpol

Struktur Final Kabinet Tunggu Dialog Presiden dengan Ketum Parpol
BENTENGSUMBAR.COM - Struktur kabinet pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin sudah dalam tahap finalisasi. Namun keputusan akhirya tergantung dialog antara Presiden dengan para ketua umum (ketum) parpol, serta momen usai pelantikan presiden-wapres terpilih pada 20 Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan wartawan soal wacana menteri muda di kabinet mendatang usai membuka pembekalan anggota legislatif dan pengurus DPD/DPC PDI Perjuangan se-Provinsi Aceh, Minggu, 8 September 2019. "Dialog kan sudah dilakukan, struktur kabinet sudah diputuskan, meskipun penyempurnaan masih dilakukan," kata Hasto Kristiyanto.

Dalam konteks internal PDIP, kata dia, finalisasi akan dilakukan di antara Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Termasuk, pembicaraan menyangkut calon-calon menteri dari PDI Perjuangan.

Nama-nama calon menteri sendiri belum bisa dibuka karena masih dalam penggodokan. Artinya satu pertemuan tidak bisa menyelesaikan masalah struktur dan penempatan nama di kabinet.

Alasannya hal itu menyangkut desain besar demi membawa kemajuan bagi Indonesia. "Kami juga menyadari setiap partai memiliki target-target politik di dalam menempatkan jabatan. Di situlah dialog itu dilakukan. Dan Pak Jokowi memiliki hak prerogatif untuk itu," kata Hasto Kristiyanto.

Dia mengharapkan pengumuman itu sesuai tata pemerintahan yang baik, dilakukan setelah presiden dan wakil presiden terpilih dilantik oleh MPR.

Di periode kedua pemerintahan Jokowi, Hasto berharap bisa meningkatkan kerja sama seluruh elemen pemerintahan dan partai politik. Apalagi Presiden Jokowi akan menaruh perhatian utama kepada peningkatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

PDI Perjuangan sendiri siap dalam mendukung kebijakan Jokowi. Parpol akan berada di depan memimpin pergerakan rakyat di dalam peningkatan SDM. "Sebagai contoh di Aceh, kantor partai akan dijadikan sebagai pusat pendidikan politik, kaderisasi, kursus politik, dan kursus yang berkaitan dengan keterampilan anak-anak muda, agar mereka semakin percaya diri menatap masa depan," ujar Hasto Kristiyanto.

(Source: BeritaSatu.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »