PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Kuranji Juara I Lomba Cipta Menu B2SA, Siap Melaju ke Tingkat Provinsi

          Kuranji Juara I Lomba Cipta Menu B2SA, Siap Melaju ke Tingkat Provinsi
Wako Mahyeldi menyerahkan hadiah kepada perwakilan Kecamatan Kuranji yang menjadi juara I lomba Cipta Menu B2SA.
Kuranji Juara I Lomba Cipta Menu B2SA, Siap Melaju ke Tingkat Provinsi
BENTENGSUMBAR.COM - Kecamatan Kuranji berhasil menyabet gelar Juara I dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan Kota Padang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kota Padang. Dengan diraihnya gelar juara tersebut, maka TP PKK Kecamatan Kuranji berhak atas hadiah uang tunai Rp. 4 juta dan melaju mewakili Kota Padang pada lomba yang sama tingkat Provinsi Sumatera Barat November 2019 mendatang.

Acara yang digelar di Ruang Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang Aie Pacah, Senin, 28 Oktober 2019 tersebut diikuti oleh 10 TP PKK Kecamatan di lingkup Kota Padang yang berlomba menghadirkan menu lunch box (kotak bekal makan siang) berbahan pangan lokal, dengan sumber karbohidrat nonberas dan nonterigu.

Kepala Dinas Pangan Kota Padang Syahrial mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan dan penerapan prinsip B2SA, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan menu B2SA berbasis sumber daya lokal, serta membangun budaya keluarga untuk mengonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi yang seimbang.

Ketua Dharma Wanita Kota Padang Ny. Marni Amasrul mewakili Ketua TP PKK Kota Padang menyampaikan hal senada, lomba ini dimaksudkan agar setiap individu khususnya ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga dapat menyajikan menu B2SA.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi yang membuka acara tersebut secara resmi menegaskan, penyediaan pangan B2SA bagi keluarga tidak harus mahal, dengan memanfaatkan keterampilan dalam pengolahan pangan, maka makanan yang biasa dengan bahan baku lokal yang tersedia disekitar kita akan mempunyai nilai lebih baik dari segi kandungan gizi maupun penampilannya.

“Bagaimana kita bisa menghadirkan kreativitas dan inovasi dalam penyediaan menu keluarga, khususnya untuk makan siang yang memerlukan bahan pangan penghasil energi yang besar. Selain nasi sebagai sumber karbohidrat, kita juga dapat memanfaatkan jagung, gandum dan umbi-umbian. Sehingga ketergantungan masyarakat kita terhadap beras dapat pula dikurangi. Jadi, makanan pokok dapat kita hadirkan dengan variasi baru, tanpa mengurangi nilai gizinya serta dapat pula menjadi peluang meningkatkan perekonomian keluarga,” jelas Wako.

Ketua Tim Juri, Arisman dari Indonesian Chef Association (ICA) Badan Pengurus Daerah Sumatra Barat mengatakan, Tim Juri yang terdiri dari Helmiar Has dari Dinas Pangan Kota Padang, Kasmiyetti dari Poltekkes Kemenkes Padang, Meri Suryanti dari SMKN 9 Padang, Rita Herdiana selaku Ketua Pokja III TP PKK Kota Padang dan dirinya sendiri telah menetapkan kriteria penilaian pada lomba Cipta Menu B2SA ini meliputi proporsi/keseimbangan menu, variasi pengolahan, tampilan (display) dan analisis harga yang pantas.

Dari berbagai kriteria penjurian tersebut, TP PKK Kecamatan Kuranji meraih total nilai tertinggi 356,36. Disusul oleh TP PKK Kecamatan Nanggalo dengan nilai 352,44 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 2 juta dan TP PKK Kecamatan Lubuk Kilangan sebagai Juara III dengan nilai 340,62 berhak membawa pulang hadiah Rp. 1 Juta. 

(h/by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *