Nasdem Siap Jadi Mitra Koalisi yang Kritis ke Pemerintah

Nasdem Siap Jadi Mitra Koalisi yang Kritis ke Pemerintah
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago mengatakan partainya siap memainkan peran sebagai mitra koalisi yang kritis. Kendati berada di barisan pendukung pemerintah, ia mengatakan, Nasdem akan mengawasi kinerja pemerintah agar fungsi check and balances bisa berjalan dengan baik. 

Irma melontarkan hal tersebut untuk mengomentari kemungkinan merapatnya Partai Gerindra ke kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin. Menurut Irma, partainya mengkhawatirkan fungsi pengawasan terhadap pemerintah jika Gerindra bergabung dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf.

"Siapa yang mau jadi kontrol sistem yang efektif tehadap program pemerintah yang negatif impact, yang disalahkan presiden," kata dia di Jakarta, Ahad, 13 Oktober 2019.

Irma mengingatkan pentingnya check and balances dalam sebuah pemerintahan. Ia khawatir, jika seluruh partai politik (parpol) masuk pemerintahan maka fungsi check and balances tidak bisa berjalan dengan baik.

Irma menegaskan partainya tidak mempersoalkan merapatnya Gerindra ke kabinat Jokowi-Ma'ruf bakal mengurangi jatah kursi menteri untuk Nasdem. Sebab, ia menegaskan sejak awal Partai Nasdem mendukung Jokowi tanpa syarat dan mahar.

Bahkan, ia menegaskan Partai Nasdem tetap akan mendukung Jokowi sekalipun tidak diberi jatah kursi menteri. "Diberikan atau tidak diberikan kursi, nasdem dukung Jokowi tanpa syarat dan mahar, yang diharapkan kami agar parpol berikan diskursus pada publik, jadi parpol yang elegan dan bermartabat," ucapnya.

Ia mengatakan Nasdem berharap pemerintahan Jokowi bisa menjalankan lima program komprehensif yang sudah disepakati. Terlaksananya program tersebut, ia yakin Indonesia bakal menjadi negara yang lebih ketimbang negara lain. 

(Source: Republika.co.id)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »