PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR Dengan Syarat

PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR Dengan Syarat
BENTENGSUMBAR.COM - PDI Perjuangan akhirnya memutuskan untuk mendukung Bambang Soesatyo agar menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," ujar Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah kepada wartawan, Rabu, 2 Oktober 2019.

Basarah menambahkan, keputusan itu diambil dengan pertimbangan demi tegaknya demokrasi Pancasila yang salah satu cirinya adalah pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol peserta pemilu lainnya.

"Kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan," jelasnya.

"PDIP meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila bukanlah the winner take all (pemenang pemilu mengambil semua)," lanjutnya.

Meski begitu, lanjut Basarah, dukungan PDIP terhadap Bamsoet bukan tanpa syarat. Salah satunya mengawal betul pemerintahan Presiden Joko Widodo supaya berjalan sesuai asas konstitusi.

"PDI Perjuangan juga meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk hadirkan haluan Negara melalui ketetapan MPR," tutupnya.

(Source: rmol.id)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »