PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Percepat Pembangunan Daerah, Gubernur Sumbar Serahkan DIPA 2020

          Percepat Pembangunan Daerah, Gubernur Sumbar Serahkan DIPA 2020
Foto: Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Serahkan DIPA 2020.
Percepat Pembangunan Daerah, Gubernur Sumbar Serahkan DIPA 2020
BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Daerah se Sumatera Barat dan sejumlah pejabat OPD hadir pada Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota dalam penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2020 di Hotel Pangeran Beach Padang, Senin, 25 November 2019.

Rakor Kepala Daerah ini bertema "Penetapan Kebijakan dan Strategi Pencapaian Penerapan SPM di Daerah, Kita Tingkatkan Pembangunan SDM Ketenagaankerjaan Tahun 2019-2024 Serta Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Sumatera Barat". Gubernur Sumbar pada penyerahan DIPA tersebut meminta Kepala Daerah agar langsung ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan.

"Saya minta setiap kepala daerah langsung dikerjakan secepat mungkin dan di follow up dengan kegiatan yang pelaksaaan mungkin tahun depan. Ini perintah Presiden langsung, mestinya amanah ini harus kita kerjakan dan pergunakan sebaik mungkin," kata Irwan Prayitno.

Gubernur menyampaikan kepada seluruh perangkat daerah untuk melakukan percepatan laju pembangunan di daerah Sumbar dengan fokus terhadap pembukaan lapangan kerja dan persiapan Pilkada serentak tahun 2020.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk percepatan pembangunan di Sumbar, khususnya program strategis pemerintah dibolehkan untuk mengambil langkah diskresi bila hal itu diperlukan, yang penting dikordinasikan dengan semua pihak yang terkait.

"Dana yang kita terima sebaiknya kita manfaatkan secara baik untuk meningkatkan ekonomi, memajukan dan mensejahterakan masyarakat Sumbar," paparnya.

Gubernur Sumbar berharap, hibah yang diterima, perlu disiapkan administrasinya untuk penyerapan anggaran 2020, jangan ada yang terlambat dalam pelaksanaannya tahun depan, termasuk instansi vertikal.

Selanjutnya gubernur Irwan Prayitno mengucapkan selamat pada Camat terbaik atas prestasinya yang sukses menjalankan tugasnya melakukan pelayanan dan pendekatan kepada masyarakat. 

"Selamat pada para Camat terpilih. Hadirnya enam Camat Terbaik memotivasi Camat yang lain. Kalau camat sudah menghandle semua persoalan di daerah, meneriman aspirasi masyarakat. Saya yakin semua tugas baik dan lancar," ucap Irwan Prayitno.

Lebih lanjut gubernur Irwan Prayitno juga memberikan apresiasi pada Kepala Daerah yang membawa daerahnya sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) tahun ini. Sumbar merupakan menerima WBTB terbanyak di Indonesia.

Dari 13 Karya Budaya Sumatera Barat yang ditetapkan WBTB. Hanya Kabupaten Pesisir Selatan terbanyak peroleh penghargaan tersebut, yakni ada 7 yang diterimanya.

"Tentunya kita bangga dengan hasil semua ini, mudah-mudahan menjadi motivasi bagi Bupati Walikota lainnya untuk mengangkat nilai budaya yang ada, agar nilai-nilai luhur nenek moyang tetap terjaga sebagai Warisan Budaya Takbenda," ungkap gubernur

Sebagai penutup gubernur Sumbar berpesan, agar kepala daerah yang tidak hadir, kedepan bisa lebih aktif mengikuti acara Rakor Pemerintah Daerah, karena banyak hal yang disampaikan untuk kemajuan daerah, apalagi saat ini ada penyerahan DIPA.

"Kita berharap bagi yang tidak hadir menjadi pertimbangan, karena dalam penyerahan DIPA ini kalau gubernur dan wakil gubernur tidak hadir pada saat penyerang di pusat, Mendagri dipastikan daerah tersebut tidak menerima DIPA nya," tutupnya. 

(rel)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *