PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Tak Bahas Habib Rizieq, Menag-Dubes Saudi Bicara Permudah Layanan Haji

          Tak Bahas Habib Rizieq, Menag-Dubes Saudi Bicara Permudah Layanan Haji
Foto: Dubes Arab Saudi dan Menag Fachrul Razi. Tak Bahas Habib Rizieq, Menag-Dubes Saudi Bicara Permudah Layanan Haji.
Tak Bahas Habib Rizieq, Menag-Dubes Saudi Bicara Permudah Layanan Haji
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi bertemu Duta Besar (Dubes) Arab Saudi Esam A Abid Althagafi. Fachrul mengatakan mereka tak membahas soal Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab yang masih 'dicekal' di Arab Saudi.

"Oh nggak, nggak sama sekali. Nggak nyinggung itu," kata Fachrul di kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa, 26 November 2019.

Dia mengatakan pertemuannya dengan Esam terkait pelayanan haji. Fachrul berharap pihak Saudi bisa menyediakan fast track untuk jemaah haji di beberapa bandara selain Soekarno-Hatta.

"Tadi misalnya sebagai contoh saya katakan, 'Pak, saya dengar informasi akan ada dikenakan ongkos untuk mengurus visa untuk mulai tahun ini'. Ternyata beliau bilang, ndak udah kita hapuskan itu tidak ada lagi. Kemudian kami juga mengusulkan supaya ada fast track. Yang lalu kan ada di satu bandara aja, Soekarno-Hatta. Kami mengusulkan kalau bisa ada tambahan di Surabaya, Makassar, Medan, Solo. Beliau mengatakan akan beliau usahakan gitu ya," sambung Fachrul.

Fachrul mengatakan Esam banyak membantu pihak Kemenag. Dia menyebut Esam juga berharap dia bisa hadir dalam beberapa kegiatan yang bakal dilaksanakan oleh pihak Saudi.

"Sehingga beliau banyak sekali membantu kami. Kami bersyukur sekali. Kemudian juga banyak memberikan informasi beberapa event dalam waktu dekat dan mengharapkan supaya Menteri Agama Indonesia bisa ikut dan insyallah saya akan usahakan supaya saya bisa datang dalam event," ujarnya.

"Konferensi internasional di Jakarta, satu. Kemudian yang di Yordan satu lagi. Kalau di Jakarta, oke saya bilang, tapi kalau yang di Yordan nanti kalau saya nggak bisa hadir karena berbenturan dengan kegiatan lain paling tidak saya akan minta Wamen untuk mewakili saya di sana," sambungnya.

Sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Arab Saudi Esam A Abid Althagafi juga sudah bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud Md. Seusai pertemuan itu, Esam mengungkap soal negosiasi antara otoritas Arab Saudi dan Indonesia soal Habib Rizieq yang sedang berlangsung. Meski demikian, dia menegaskan tak ada pembahasan soal Habib Rizieq saat bertemu dengan Mahfud.

"Masalah ini sebenarnya sedang dinegosiasikan oleh pejabat tinggi di antara dua negara dan kami berharap hal itu dapat diselesaikan segera," kata Esam saat ditanya soal Habib Rizieq setelah bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud Md di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 25 November 2019.

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *