PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

20 Peserta Ikuti PPPA Angkatan III APSI Sumbar

          20 Peserta Ikuti PPPA Angkatan III APSI Sumbar
Wakil Rektor II UMSB, Mursal didampingi Afriendi (ketua APSI Sumbar), foto bersama dengan peserta PPPA Angkatan III.
20 Peserta Ikuti PPPA Angkatan III APSI Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Sebanyak 20 orang Sarjana Hukum dan Sarjana Agama Syariah, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) yang digelar Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Sumbar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

PPPA Angkatan III yang digelar 7-28 Desember 2019 ini, bekerjasama dengan Jurusan Hukum Keluarga Fakultas Agama Islam UMSB dengan mengambil tema “Mewujudkan calon advokat yang berkualitas dan berintegritas.”

“Berkualitas dan berintegritas sudah jadi tuntutan profesi. Dua hal ini akan membuat advokat jadi profesional, yang berujung pada tingginya kepercayaan publik,” ungkap Ketua APSI Sumbar, Afriendi usai pembukaan PPPA Angkatan III, Sabtu, 7 Desember 2019 di kampus Pascasarjana UMSB di Pasir Jambak, Padang. 

Dijelaskan Afriendi, berkualitas itu berkaitan dengan pemahaman seorang advokat terhadap hukum beracara sekaligus memahami konstruksi hukum dengan baik. Sedangkan integritas berkelindan dengan kepribadian seorang advokat yang tak tercela. 

“Advokat berkualitas itu mesti jauh lebih baik pemahamannya dari penegak hukum lainnya (penyidik dan jaksa) disertai pribadi yang tak melakukan perbuatan yang mencederai profesi,” terang Afriendi seputar seorang advokat yang baik. 

“Dalam pribadi adovakat APSI ini, juga melekat aturan dalam syariat Islam. Ajaran agam ini akan jadi benteng bagi mereka, selama menjalankan profesi. Hal ini lah yang membedakan advokat APSI dengan rekan seprofesi lainnya,” tambahnya.

Di mata Afriendi, peran advokat APSI akan lebih luas seiring makin tingginya kesadaran masyarakat dalam bertransaksi sesuai hukum Islam. 

“Bank Nagari yang telah konversi ke sistem syariah, merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pengacara dari APSI. Begitu juga dengan makin banyaknya transaksi syariah di berbagai sektor kehidupan,” urai Afriendi. 

Ditegaskan Afriendi, semua advokat APSI yang dinyatakan telah lulus pendidikan, telah dilantik di Pengadilan Tinggi (PT) Sumbar.

“Begitu selesai pendidikan, kita langsung melakukan proses pelantikan. Ini telah kita lakukan sejak PPPA angkatan I dan II yang berkerjasama dengan Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol,” ungkap Afriendi. 

Sementara, Wakil Rektor II UMSB, Mursal mengapresiasi APSI Sumbar yang telah menjalin kerjasama dengan FAI UMSB. 

Menurutnya, pendidikan advokat ini yang perdana dilakukan di kampus yang berlokasi di kawasan Pasir Jambak, kecamatan Koto Tangah, Padang itu. 

“Pendidikan profesi ini, akan kita fokuskan juga pada proses perkuliahan di Jurusan Hukum Keluarga FAI. Kita akan mulai pada semester depan. Ini peluang yang mesti dimanfaatkan lulusan Jurusan Hukum Keluarga,” terangnya. 

(relis)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *