Dinas PU Respon Cepat Bencana Dimusim Penghujan

Dinas PU Respon Cepat Bencana Dimusim Penghujan
BENTENGSUMBAR.COM - Hujan lebat yang mengguyur kota Payakumbuh beberapa hari belakangan, membuat banyak drainase tersumbat, longsor kecil dan bajir yang menggenangi perumahan warga.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan umum (PU) kota Payakumbuh Muslim, diwakili kabid PU Rajman, lansung terjun kelapangan. Dikatakannya PU akan mengembalikan drainase seperti fungsinya, di Ngalau sampik, Senin, 27 Januari 2020.

"Dengan cuaca yang seperti sekarang langkah pertama yang harus kami lakukan, mengenbalikan normalisasi drainase yang tersumbat. Ada beberapa titik di kota Payalumbuh ini mengalami bencana kecil, seperti longsor, banjir dan banyak polongan drainase yang tersumbat. Itu semua akan kami bersihkan. Untuk saat ini sudah kami bersihkan polongan yang tersumbat di Bulakan Balaikandi, dan longsor yang menghambat drainase di ngalau sampik, sehingga badan jalan tergenang air. Dan akan kami lanjutkan ke beberapa titik lainya," jelasnya.

Terpisah kadis PU kota Payakumbuh Muslim, mengatakan akan melakukan berbagai upaya dalam menormalisasi drainase yang tersumbat.

"Semua usaha pasti kita lakukan, bukan hanya membersihkan dan menormalisasi drainase dan longsor, dinas PU juga akan menanam pohon di beberapa titik, yang di anggap rawan akan longsor," katanya menjelaskan.

Dilanjutkannya, Muslim mengingatkan dan menghimbau warga masyarakat kota Payakumbuh agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat Payakumbuh khususnya, agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena setelah kami membersihkan drainase, sampah yang dibuang sembarangan itu lah yang akan kembali menyebabkan saluran drainase tidak lancar," tutup Muslim.

(Hermiko)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »