Lepas Jenazah Anwar, Irwan Basir Ajak Semua Panjatkan Doa Kebaikan

Lepas Jenazah Anwar, Irwan Basir Ajak Semua Panjatkan Doa Kebaikan
BENTENGSUMBAR. COM - Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM., memimpin upacara pelepasan jenazah almarhum Anwar (berusia 78 tahun) di rumah duka di Durian Taruang, Kamis,  9 Januari 2020.

Pantauan dari media di lapangan Irwan Basir tiba di rumah duka pukul 10.05 Wib. Irwan Basir Datuk Rajo Alam bersalaman dan mengucapkan duka yang mendalam kepada keluarga.

"Saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam kepada keluarga atas meninggalnya Anwar. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan," ujarnya.

Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengajak semua pihak mendoakan Anwar (berusia 78 tahun) agar wafat dalam keadaan husnul khatimah.

"Indak dapek sarampak padi, pacah balah dalam parahu, indak dapek sakandak hati, kandak Allah SWT juo nan balaku," ungkapnya dalam pepatah petitih adat Minangkabau.

Dikatakan Irwan Basir,  almarhum adalah salah satu tokoh masyarakat. "Semoga kebaikan - kebaikan almarhum sepanjang hidupnya bisa mendekatkan almarhum di tempat terbaik di sisi Allah SWT," ujar.

Sebagai manusia, tentunya almarhum Anwar punya kekurangan, punya kesalahan dan kekhilafan. Untuk itu, dirinya mengajak kepada jamaah paguyuban untuk sama - sama memaafkan almarhum. ”Kepada keluarga yang ditinggalkan, kiranya ridho, tabah, sabar, dan ikhlas menghadapi ujian yang telah di tentukan oleh sang Khaliq," ajaknya.

"Selain itu, marilah kita antar kepulangan beliau, meskipun dengan segala duka, dengan segala kesedihan yang begitu mendalam.  Saya ingin mengajak kita semua untuk mengantar kepulangan beliau dengan sepenuh ikhlas," tutur Irwan Basir.

Kemudian Irwan Basir mengajak semua yang hadir ikut bersaksi bahwa Anwar adalah orang yang teramat baik. Anwar, lanjut Irwan Basir adalah sosok yang alim.

Tidak lupa, Irwan Basir mengatakan, bahwa banyak sekali tausiah, nasihat, hingga wejangan yang Anwar tinggalkan agar semua pihak senantiasa mampu menjaga dan memelihara serta merawat apa yang selama ini dipesankan.

"Salah satu yang ingin saya sampaikan untuk kita semua untuk senantiasa menjaga, memelihara, dan berupaya semaksimal mungkin menjalani pesan beliau adalah bahwa beliau sering sekali hampir selalu dalam ceramah - ceramahnya itu menunjukkan kecintaan yang luar biasa kepada nagari," ungkapnya.

Irwan Basir menegaskan, Anwar juga selalu mengajarkan semua orang untuk tidak pernah memisahkan antara amaliah, tindakan atau perilaku keagamaan, dengan kecintaan terhadap nagari.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »