Pemko Payakumbuh Adakan Lomba Forikan dan Implementasi Gemarikan Pada Kurikulum PAUD

BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan masyarakat, dan  mensinergikan Program/Kegiatan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pertanian Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Forikan Kota Payakumbuh menggelar lomba Forikan kelurahan dan lmplementasi Gemarikan pada kurikulum PAUD di aula Bakinco Resto Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu, 12 Februari 2020.

Lomba Forikan kelurahan dan implementasi Gemarikan pada kurikulum PAUD tahun 2020 ini diikuti oleh perwakilan 2 Forikan pada setiap kelurahan dan 2 PAUD yang seluruh pesertanya berjumlah 63 orang. 

Hadir dalam lomba tersebut Ketua Forikan Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi, Wakil Ketua Forikan Kota Payakumbuh Machdalena Erwin Yunaz, Kabid PAUD Irwandi serta perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kemenag Kota Payakumbuh.

Ketua Forikan Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi mengatakan, ikan merupakan salah satu makanan yang mudah didapat. Ikan adalah sumber protein yang tinggi dan lengkap dengan Omega 3 yang sangat baik untuk otak.

"Untuk itu, mari kita giatkan program Forikan dan Gemarikan mulai dari lingkungan terkecil. Yang terpenting adalah ikan adalah makan yang sangat baik untuk anak-anak kita, mari biasakan kepada anak-anak untuk makan ikan," ajaknya.

Henny menyebutkan, gemar makan ikan jangan hanya saat digelar lomba, tapi bagaimana gemar makan ikan ini menjadi tradisi kebutuhan dalam rumah tangga.


"Setidaknya dalam rumah tangga sehat mesti mengkonsumsi setidaknya 2 ons ikan per kepala, itu kalau bisa dimaksimalkan. Untuk mewujudkan semua itu perlu adanya sosialisasi kepada warga, kapan perlu pihak kelurahan menyiapkan sampel. Sehingga kuantitas warga mengkonsumsi ikan semakin meningkat. Karena ikan dimasak dalam bentuk apapun akan tetap lezat dan gurih, serta mudah didapat. Kita sangat apresiasi dengan telah terimplementasinya gemar makan ikan di PAUD apalagi sudah masuk dalam kurikulumnya, salah satunya adalah tema hewan terkait ikan," ulas Henny.

Setelah mendapatkan arahan dari Ketua Forikan Kota Payakumbuh, acara puncak langsung dilaksanakan yaitu ekspose kinerja Forikan dan Gemarikan dari kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh. Espose ini dibagi dalam 2 kelas kategori penilaian, pertama lomba kinerja Forikan di kelurahan dan kedua Lomba implementasi Gemarikan pada kurikulum PAUD. 

(HM/rel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »