Cegah Covid-19, BNNK Pasbar Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Seluruh Staf

BENTENGSUMBAR.COM - Guna mengantisipasi serta mencegah penyebaran Virus Corona Disesae 19 (Covid-19), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat melakukan pemeriksaan Kesehatan kepada seluruh staf, pengunjung dan tamu yang mengurus Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba (SKHPN), Jumat, 20 Maret 2020.

Menurut Kepala BNNK Pasbar Irwan Effenry Am, pemeriksaan kesehatan tersebut selain mengacu kepada surat edaran dari BNNRI juga sebagai langkah dalam menyikapi dan mengantisipasi isu virus corona yang akhir-akhir ini marak.

"Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan tes suhu badan juga menyediakan cuci tangan steril yang terbuat dari Alkohol, Detro dan Citra Lidah Buaya yang diaduk menjadi satu, hingga setiap staf dan pengunjung yang masuk kita harapkan dalam keadaan sehat," ujar Irwan.

Dikatakan Irwan, kegiatan ini sudah dilakukan BNNK Pasbar sejak hari Senin, 16 Maret 2020 sampai batas yang tak ditentukan.

Dikatakannya, hasil pemeriksaan kesehatan tersebut khusus untuk staf setiap hari dilaporkan perkembangannya ke BNNK RI. Sedangkan untuk pengunjung bila ditemukan kelainan atau ada terdekteksi pihaknya menyarankan kepada tamu atau pengunjung tersebut untuk memeriksakan diri ke Posko Satgas Pencegahan Covid-19 yang resmi atau dinas kesehatan setempat. 

"Sampai hari ini, Jumat, (20/03/2020), kita belum menemukan staff ataupun pihak yang dicurigai terkait Covid-19 ini," katanya.

Harapannya dengan dilaksanakannya pemeriksaan kesehatan ini di kalangan BNNK agar staf dan masyarakat dapat mengetahui lebih dini kesehatan tubuhnya, dengan demikian kita dapat menjaga diri, keluarga dan lingkungan kita dari penyebaran Covid 19 yang sedang mewabah dunia saat ini. 

Diterangkan Irwan lagi, bahwa Wabah COVID-19 saat ini memang sedang menjadi permasalahan di seluruh negara, khususnya Indonesia. 

Sejak dinyatakan sebagai bencana Nasional, dan untuk menyikapi hal itulah, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat ikut serta aktif  mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19 dengan cara Pemeriksaan kesehatan pengecekan tekanan darah dan Suhu Badan maupun pemberian hand sanitizer setiap  harinya kepada personil BNN Kabupaten Pasaman Barat dan pengunjung yang akan mengurus SKHPN ataupun tamu sebelum memasuki ruangan kantor.

"Adapun hasil pemeriksaan suhu tubuh dan Vital sign masih dalam batas Normal,"  ungkapnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh personil BNN Kabupaten Pasaman Barat agar menguatkan serta meningkatkan imunitas tubuh masing-masing dengan cara aktif bergerak serta menjaga pola makan supaya tubuh tetap hangat karena virus Corona tidak bertahan lama pada suhu yang panas.

Selain itu, ia menyampaikan, pencegahan dini dapat dilakukan dengan terus menjaga kebersihan seluruh personil terutama mencuci tangan dengan benar, karena sentuhan tangan pada benda membuka peluang penyaluran virus Corona. Menginformasikan mengenai etika batuk dan bersin dengan benar.

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »