Masjid Nabawi Akhirnya Akan Dibuka Kembali

BENTENGSUMBAR.COM - Kabar baik! Pemerintah Arab Saudi akan melakukan pelonggaran lockdown. Rencananya sejumlah masjid akan dibuka, termasuk Masjid Nabawi di Kota Madinah yang akan dibuka untuk umum mulai 31 Mei 2020 atau 8 Syawal

Kabar pembukaan Masjid Nabawi ini disampaikan oleh pengurus dua masjid (Masjidil Haram dan Nabawi) melalui akun Twitter @hsharifain. 

"Gerbang Masjid Nabawi diizinkan dibuka untuk umum dari 8 Syawal 1441," cuit pengurus masjid tersebut dikutip detikcom, pada Rabu 27 Mei 2020.

Selain Masjid Nabawi, pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan masjid umum di luar kota Mekkah untuk dibuka dan menggelar salat Jumat.

Namun, pelaksanaan ibadah salat Jumat tersebut akan dibatasi waktunya yakni dibuka 20 menit sebelum salat Jumat dan ditutup 20 menit usai salat Jumat.

Dikutip dari Aljazeera, pelonggaran lockdown yang dilakukan pemerintah Arab Saudi akan dilakukan melalui tiga tahapan.

Tahapan pertama, pemerintah Arab Saudi mengizinkan kegiatan jual beli, termasuk mal mulai 28-30 Mei selama 15 jam dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 15.00 sore hari waktu setempat.

Tahap kedua, pegawai kantoran baik pemerintah dan swasta diperbolehkan masuk mulai tanggal 31-20 Juni pukul 06.00 pagi sampai 20.00 malam waktu setempat. 

Tahap ini juga membolehkan masjid untuk menggelar salat berjamaah dan juga salat Jumat.

Selanjutnya tahapan terakhir, pada 21 Juni 2020 mendatang diharapkan semua aktivitas berjalan normal seperti biasa. Setiap masyarakat diimbau tetap memakai masker dan menjalankan hidup bersih.

Sementara itu, kasus positif virus corona di Arab Saudi tercatat menginfeksi 74.795 orang. 

Dari angka tersebut 399 orang dilaporkan meninggal dunia.

(Sumber: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »