Opini

Lifestyle

Sports

2 Kejorongan di Nagari Aia Gadang Gelar Pemilihan Anggota Bamus

          2 Kejorongan di Nagari Aia Gadang Gelar Pemilihan Anggota Bamus
2 Kejorongan di Nagari Aia Gadang Gelar Pemilihan Anggota Bamus.
BENTENGSUMBAR.COM - Dua Kejorongan di Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis, 25 Juni 2020 menggelar Pemilihan Angota Badan Musyawarah (Bamus) Nagari untuk Periode 2020-2026 mendatang.

Pemilihan Bamus Nagari di Jorong Labuah Lurus dan Jorong Pasir Bintungan tersebut, diadakan di dua tempat yang berbeda, menurut Dapil wilayah masing-masing.

Pemilihan Bamus Nagari di Kejorongan Labuah Lurus, diadakan di MDA Al-Ikhlas Jorong Labung Lurus sedangkan untuk Kejorongan Pasir Bintungan di adakan di Kantor Wali Nagari Persiapan Aia Gadang Barat.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Bamus Nagari Aia Gadang, Azwir mengatakan, pemilhan Bamus Nagari tersebut di lakukan dengan cara Pemilihan Langsung dan menegakkan sistem demokrasi.

Dikatakan Azwir, untuk pemilihan Bamus tersebut, semua keterwakilan Hak pilih di ambil dari berbagai unsur yang ada di kejorongan. seperti, unsur Ninik Mamak, unsur Bundo Kanduang, unsur pemuda dan lain-lain.

"Pemilih Anggota Bamus Nagari ini, kita ambil dari setiap unsur yang ada dan memiliki keterwakilan hak suara sebanyak lima orang di setiap unsurnya," ujar Azwir.

Lanjutnya, untuk Pemilihan di Kejorongan Labuh lurus hanya di ambil satu Anggota Bamus Nagari, sedangkan untuk Jorong Pasir Bintungan memiliki Kuota sebanyak dua orang Anggota Bamus.

"Total kuota Anggota Bamus ini adalah sembilan orang termasuk satu orang perwakilan perempuan. Dari Enam Kejorongan yang ada di Nagari Aia Gadang, ada dua Kejorongan yakni, jorong Pasir Bintungan dan Jorong Batang lingkin mendapatkan jatah dua orang Anggota Bamus, karena memiliki jumlah Penduduk yang lebih banyak dan wilayah yang lebih luas," ujarnya.

Diterangkannya, Pemilihan Bamus Nagari untuk wilayah Kejorongan Labuah lurus, dimenangkan oleh Riisnalino yang memiliki 12 suara dari total hak pilih sebanyak 28 hak suara. Sedangkan di kejorongan Pasir Bintungan, dimenangkan oleh Akmal yang memiliki 12 suara dan Yaser Arafat memiliki 7 suara dari total pemilih 35 hak suara.

"Di kejorongan Labuah Lurus yang diikuti sebanyak empat orang calon Bamus, dimenangkan oleh Riisnalino. Sedangkan Jorong Pasir Bintungan dimenangkan oleh Akmal dan Yaser Arafat dari total 11 orang calon Bamus," jelasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin mengatakan ucapan selamatnya kepada semua Anggota Bamus Nagari yang terpilih. Ia juga berharap, kepada semua anggota Bamus Nagari yang terpilih dapat menjalin kerja sama yang baik dengan Pemerintah Nagari dan bersama-sama untuk membangun kemajuan Nagari Aia Gadang yang lebih baik.

"Saya berharap, kepada semua anggota Bamus Nagari ini natinya, bisa selalu amanah dan menjalankan tugasnya dengan baik, serta selalu bekerja sama dengan Pemerintahan Nagari untuk kemajuan Nagari ini, agar lebih baik kedepannya," harapnya.

(Rido)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *