Kunjungi Lokasi Klaster Pasar Raya, Gubernur Irwan Prayitno: Tak Perlu Malu Jika Terpapar Covid

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menegaskan, bagi yang terpapar Covid-19, tidak usah malu, karena itu bukan aiab.

Hal itu disampaikan Irwan Prayitno ketika mengunjungi lokasi klaster Pasar Raya, tepatnya di toko Ambasador, Senin, 8 Juni 2020.

Irwan Prayitno dalam berdialognya dengan pedagang menyampaikan, wabah Covid-19 bukan sesuatu aib yang memalukan. 

"Ini wabah yang mesti kita hadapi dengan imun tubuh dan proses pengobatan. Sesuatu hal biasa dalam protap penanganan covid," katanya.

"Tak perlu malu jika terpapar covid. Jika sakit diobati dalam isolasi, begitu juga dengan OTG yang bertujuan antisipasi penyebaran covid. Terpenting  sesungguhnya prilaku disiplin budaya protokol covid," ujar Irwan. 

Gubernur Irwan mengharapkan, setiap pasar rakyat, mall, supermaket, warung makan, RT/RW, dan Jorong mesti ada yang selalu mengingatkan pelaksanaan protokol covid, pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. 

"Kenapa ? Karena tidaklah memungkinkan pihak TNI/Polri, Satpol PP melakukan semua itu disetiap tempat yang begitu banyak aktifitas masyarakat dalam tatanan normal baru, produktif aman covid," tegasnya.

Ia mengingatkan warga Sumbar, dalam berbelanja, penjual dan pembeli agar aman dan tertib, harus memperhatian jarak sesuai panduan yang protokol covid yang.

"Bila ke pasar dan mall, masyarakat agar mematuhi rambu-rambu sistem jaga jarak, cuci tangan dengan sabun, lakukan cek suhu tubuh pakai thermogun. Jauhi hal-hal berkerumun, jaga jarak itu minimal 1,5 meter antara orang dengan orang lain," ingat Irwan Prayitno.

Gubernur mengatakan, Kota Padang saat ini di masa transisi pra penerapan pola hidup baru (new normal). Namun beberapa kegiatan telah dilonggarkan, kegiatan beribadah dan aktifitas perekonomian, pasar, mall dan supermaket.

"Penerapan Tatanan Normal Baru, Produktif Aman Covid (TNB-PAC) di Sumatera Barat, lebih pada memulai kembali aktifitas kehidupan yang produktif dalam berbagai sektor ekonomi, sosial kemasyarakatan kecuali sektor pendidikan dengan disiplin protokol covid. Dihimbau masyarakat membudayakan pemakaian masker, jaga jarak dan cuci tangan," ujar Irwan Prayitno.

(Zardi Syahrir)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »