Ingatkan Pengelola Mal, Gubernur Irwan Prayitno: Pengunjung Hanya Boleh 50 Persen dan Wajib Pakai Masker

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengecek langsung persiapan penerapan protokol kehidupan normal baru (new normal) di dua tempat Pusat Pembelanjaan di Kota Padang, yaitu Basko Grand Mall dan Transmart, terkait dengan pandemi Covid-19, Senin, 8 Juni 2020.

"Ini persiapan untuk Padang menuju kehidupan normal baru tanggal 13 Juni, sekarang masih persiapan. Contohnya persiapan di Transmart ini, baru dua lantai yang dibuka, untuk permainan nanti, mungkin di tahap berikutnya," ucapnya.

Gubernur Sumbar mengingatkan pihak pengelola mal agar mewajibkan setiap pengunjung mall memakai masker, cuci tangan dan di atur jarak satu dengan yang lainnya. Setiap pintu masuk mal, petugas harus mengecek suhu tubuh pengunjung, termasuk anak-anak.

"Sejumlah pemerintah kabupaten kota juga sedang melakukan persiapan untuk menuju tatanan kehidupan baru, namun tetap menjalankan anjuran protokol kesehatan," kata Irwan Prayitno saat melakukan kunjungan di Transmart Padang.

Irwan Prayitno mengatakan Pihak pengelola mal telah mempersiapkan aturan protokol Covid-19 baik konter dan pengunjung. Aturannya harus terpajang dipintu masuk. Selain itu pihak TNI dan Polri membackup, mudah-mudahan lancar.

"Persiapam sudah mengikuti standar protokol kesehatan. Antrian berjarak, westafle, thermal gun, handsanitizer, sarung tangan lainnya. Mudah-mudahan bisa tetap memenuhi keinginan orang untuk berbelanja," ungkap Irwan.

Selain itu, Irwan Prayitno menekankan agar pihak mal bisa menekan pengunjung maksimal 50 persen dari biasanya. 

"Biasanya masuk 300 pengunjung, harus bisa menekan menjadi 150 pengunjung," tegasnya.

Sementara itu, gubernur menjelaskan untuk diperbatasan tetap dilakukan pembatasan yang masuk ke Sumbar sesuai edaran Gugus Tugas Nasional sampai batas tertentu hingga keluarnya Keputusan Presiden RI. Beriringan dengan masa tanggap darurat. 

"Perbatasan tetap kita lakukan seperti biasa. Orang masuk sumbar tetap diperiksa. Ada syarat masuk ke sumbar, dia harus sehat," tuturnya.

Ada dua syarat yang dipenuhi untuk masuk Sumbar, yaitu dibuktikan dengan rapid test atau swab, kalau untuk airport wajib swab ulang. 

Kemudian ada surat dari rumah sakit yang menyatakan dia sehat, tidak punya gejala demam dan sebagainya.

Kedua ikut protokol Covid-19, datang pakai masker dan semuanya. Dia harus melapor ke RT/RW dan isolasi mandiri.

"Kalau swab di bandara  itu wajib,kita berikan gratis. Di perbatasan darat, cukup rapid test karena gak mugkin pakai swab," tukas Irwan.

(nov)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »