Pertumbuhan Ekonomi Minus 5,32 Persen, Bansos dan Gaji Bakal Ditambah

Pertumbuhan Ekonomi Minus 5,32 Persen, Bansos dan Gaji Bakal Ditambah
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah akan menambah sejumlah bantuan sosial atau bansos bagi masyarakat di paruh kedua 2020. Tambahan ini diberikan setelah pertumbuhan ekonomi di kuartal II tahun ini jeblok hingga minus 5,32 persen.

“Akselerasi pemulihan aktivitas sosial dan ekonomi diharapkan berjalan," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, 5 Agustus 2020.

Secara umum, akan ada empat upaya utama yang bakal dilakukan oleh Kemenkeu sepanjang kuartal III dan IV 2020. Salah satu upaya tersebut adalah menggenjot belanja pemerintah yang sebesar Rp 1.670 triliun.

Dengan cara ini, konsumsi pemerintah dan rumah tangga diharapkan akan meningkat. Instrumen yang digunakan adalah belanja perlindungan sosial.

Saat ini, program belanja perlindungan sosial sudah berjalan sebesar Rp 85.51 triliun. Pos inilah yang bakal diperluas dan ditambah oleh Kemenkeu. Rinciannya yaitu:

1. Bantuan Beras untuk Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 4,6 triliun. Bantuan ini mulai cair bulan September 2020.

2. Bantuan Tunai Rp 500 ribu untuk penerima Kartu Sembako di luar PKH. Anggarannya sebesar Rp 5 triliun dan akan cair Agustus 2020.

3. Ketahanan Pangan dan Perikanan Rp 1,5 triliun.

4. Bantuan Produktif untuk 12 juta UMKM dengan anggaran Rp 28 triliun. Masing-masing UMKM akan mendapatkan Rp 2,4 juta.

5. Bantuan Gaji Rp 600 ribu untuk empat bulan bagi 13 juta pekerja. Anggaran yang disiapkan yaitu Rp 31,2 triliun.

(Source: tempo.co)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »