TNI AL Bantah KRI Nanggala Tenggelam Ditembak Kapal Asing

TNI AL Bantah KRI Nanggala Tenggelam Ditembak Kapal Asing
BENTENGSUMBAR.COM - Asisten Perencanaan, Kepala Staf Angkatan Laut (Asrena KSAL) Laksamana Muda TNI Muhammad Ali membantah isu kapal selam KRI Nanggala 402 ditembak kapal selam asing hingga tenggelam di perairan Bali.


Ali menyebut prasangka atau teori tersebut sangat berlebihan sebab tak ada satu pun bukti otentik serangan terhadap KRI Nanggala.


"Kapal asing ini saya rasa berlebihan, kemudian ditembak oleh kapal asing, lah," kata Ali saat menggelar konferensi pers di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 27 April 2021.


Isu atau spekulasi ini muncul setelah kabar soal kapal selam milik Prancis sempat berada di wilayah perairan Indonesia. Bahkan dikabarkan kapal ini melenggang tanpa ada pemeriksaan dari petugas yang berwenang.


Ali menyebut pada saat kejadian jelas banyak kapal lain di atas permukaan yang tentu bisa melihat atau merasakan keberadaan kapal lain dari sistem sonar.


Atau yang paling mudah, kata Ali, tak perlu menggunakan alat jika memang Nanggala diledakkan kapal asing, tentu kejadian itu bisa terlihat dengan mata telanjang.


"Kalau ada ledakan pasti terdengar oleh sonar bahkan oleh telinga, mata itu pasti akan terlihat bahwa air itu akan naik ke atas sedikit jadi tidak ada ledakan pada saat kejadian itu," kata dia.


KRI Nanggala 402 dipastikan tenggelam setelah sebelumnya hilang kontak di perairan Bali. Sebanyak 53 awak yang berada di kapal tersebut dipastikan gugur dalam tugas.


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »