Mental Pemain Timnas Indonesia Semakin Baik Jelang Lawan Afghanistan

Mental Pemain Timnas Indonesia Semakin Baik Jelang Lawan Afghanistan
BENTENGSUMBAR.COM - Mental pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia semakin baik menjelang laga laga uji coba menghadapi Afghanistan pada 25 Mei 2021 mendatang di Dubai, Uni Emirat Arab. 


Hal itu diungkapkan langsung  pelatih Shin Tae-yong yang menilai para pemain telah menunjukkan perkembangan signifikan selama menjalani pemusatan latihan (TC).


Skuad Garuda sejak 17 Mei 2021 lalu sudah berada di Dubai untuk pemusatan latihan. 


TC juga sebagai persiapan menuju laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang akan dilakoni mulai 3 Juni 2021.


Shin Tae-yong melihat seiring berjalannya waktu, mental Evan Dimas dan kawan-kawan semakin terasah dibanding beberapa hari yang lalu saat TC di Jakarta. 


Tak hanya itu, mereka dinilai mulai dapat beradaptasi dengan suhu cuaca Dubai yang panas.


“Semua pemain beradaptasi dengan suhu dan cuaca di sini, pemain-pemain lebih baik dan lebih bekerja keras di sini daripada di Jakarta, mental mereka pun sudah berubah menjadi lebih baik,” tuturnya mengutip laman PSSI, Sabtu, 22 Mei 2021.


Sebelumnya, fisik dan mental para penggawa Timnas IIndonesia memang menjadi sorotan bagi mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini. 


Bahkan dalam beberapa kali kesempatan ketika TC di Jakarta, Shin Tae-yong sering memarahi pemain yang dianggap bermalas-malasan.


Kini, mendekati laga uji coba melawan Afghanistan, Shin Tae-yong bersama pelatih fisik Lee Jae-hong fokus menerapkan program latihan penguatan (Power training). 


Bila dalam latihan pagi fokus pada angkat beban-tarik beban di gym, pada sore hari Evan Dimas dan kawan-kawan diarahkan berlatih taktik dan teknik menembak.


“Sore ini kami latihan taktikal dan menembak (shooting drill) dimana saya melihat para pemain berusaha sebaik mungkin untuk bisa mengikuti instruksi yang saya inginkan,” buka Shin.


“Sampai saat ini, kita sengaja mengadakan latihan penguatan (power training) untuk menguatkan fisik supaya lebih kuat lagi. Mulai besok harus conditioning lagi. Sekarang, tinggal pemain-pemain saja yang harus mempertaruhkan nyawanya, di pertandingan-pertandingan berikutnya,” tuturnya.


Selain melawan Afghanistan, Timnas Indonesia dijadwalkan beruji coba melawan Oman pada 29 Mei 2021 mendatang. 


Kemudian, pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni 2021.


Indonesia berada di posisi juru kunci klasemen sementara Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan tak pernah pernah meraih satu pun poin. 


Meski begitu, tim yang didominasi pemain muda ini menunjukkan keseriusannya dalam latihan guna menjaga asa memperbaiki ranking FIFA dan masuk Piala Asia 2023.


Source: Okezone

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »