MUI Nasihati Alvin-Larissa: Ingat Arahan Arifin Ilham, Jangan Buka Aib

MUI Nasihati Alvin-Larissa: Ingat Arahan Arifin Ilham, Jangan Buka Aib
BENTENGSUMBAR.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan kisruh rumah tangga putra almarhum Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz, dengan Larissa Chou jadi konsumsi publik. MUI pun memberi nasihat untuk keduanya.


"Dia kan (harus) bisa mengikuti bagaimana jejak kesabaran orang tuanya, kedua orang tuanya dalam menempuh kehidupan. Seyogyanya itu menjadi sebuah pelajaran dan pengalaman," kata Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, Abdullah Jaidi, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin, 31 Mei 2021.


Abdullah Jaidi menilai Alvin Faiz-Larissa Chou yang tergolong masih muda tidak tahan banting dalam membina rumah tangga. Abdullah berharap ada peran orang tua dalam kisruh rumah tangga keduanya.


"Nah kuncinya bahwa kita ini kan sudah sering kali diberi nasihat. Sebelum kawin itu kan diberi arahan, apalagi sekaliber anaknya Almarhum Ustaz Arifin Ilham. Itu pun kan pada waktu beliau mau menikah kan almarhum masih hidup, pastikan sudah diberikan sebuah arahan-arahan," ucapnya.


Dia mengatakan bahwa perceraian memang dibolehkan, tapi dibenci oleh Allah SWT. Abdullah berharap keduanya meredam emosi.


"Perceraian itu tidak boleh dengan emosional, ketika tidak ditempuh jalan perdamaian untuk saling memperbaiki," ujarnya.


Peran keluarga sangat penting untuk mendamaikan ketika rumah tangga anak-anaknya berada di ujung tanduk. Abdullah Jaidi mengatakan kedua pihak keluarga harus berdialog mencari jalan terbaik agar tidak terjadi perceraian.


"Maka kalau ada keniatan (memperbaiki diri) seperti itu dan kedua belah pihak keluarga mencari jalan keluar terbaik, Allah akan berikan kemudahan untuk tidak bercerai ataupun tiba-tiba bercerai bisa rujuk kembali," katanya.


Abdullah Jaidi menyoroti pasangan yang mengumbar aib usai memutuskan untuk bercerai karena dendam. Menurutnya, hal itu tidak baik karena bertentangan dengan apa yang ada dalam Alquran.


"Karena suami istri sudah menjadi sebuah kesatuan, jadi tidak boleh kalau saling membuka aib, saling membuka masalah. Selesaikan dengan baik," tegasnya.


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »