Opini

Parlemen

Sports

Presiden Rusia Vladimir Putin Bikin Megawati Menangis: Maaf, Saya Teringat Ayah Saya

          Presiden Rusia Vladimir Putin Bikin Megawati Menangis: Maaf, Saya Teringat Ayah Saya
Presiden Rusia Vladimir Putin Bikin Megawati Menangis.

Presiden Rusia Vladimir Putin Bikin Megawati Menangis: Maaf, Saya Teringat Ayah Saya
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Republik Indonesia (RI) ke-5 Megawati Soekarnoputri menjadi orang pertama di negara ini yang menerima penghargaan Bintang Persahabatan dari Presiden Rusia Vladimir Putin.


Hal itu disampaikan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva saat menyerahkan penghargaan Bintang Persahabatan (Order of Friendship) kepada Megawati di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Juni 2021.


"Pada tanggal 10 Februari 2020, Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin menandatangani penganugerahan Yang Mulia (Megawati Soekarnoputri) dengan Bintang Persahabatan atas sumbangsih dalam diperkokohnya kerja sama dan saling pengertian antara rakyat Rusia dan Indonesia," kata


Lyudmila seperti dikutip di kanal YouTube PDI Perjuangan, Rabu, 2 Juni 2021. 


"Yang Mulia adalah warga negara Indonesia pertama, yang dianugerahi Bintang Persahabatan ini," lanjutnya disambut tepuk tangan oleh Megawati Soekarnoputri, Menkumham Yasona Laoly, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. 


Selain Megawati, Putin juga pernah menganugerahi penghargaan serupa kepada Perdana Menteri pertama Singapura Lee Kuan Yew dan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad. 


"Yang Mulia sangat dikenal dan dihormati di Rusia sebagai teman sejati yang memfasilitasi pengembangan proyek bersama di bidang strategis. Kami sangat menghargai Yang Mulia dalam pengembangaan kerja sama kedua negara," kata Lyudmila. 


Merespons penghargaan itu, Megawati yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan tak mampu menahan air matanya. 


Ia pun menangis karena teringat dengan ayahnya, Soekarno. 


"Sungguh sebuah hari yang membahagiakan saya mendapat kehormatan ini. Maaf, saya teringat kepada ayah saya," ucap Megawati. 


"Saya sangat mengerti bahwa beliau (Soekarno) yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia," sambungnya.


Megawati juga mengaku tidak pernah lupa ketika dirinya ikut menjemput kunjungan Presiden Rusia kala itu saat berkunjung ke Indonesia.


(*)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...