Headline

Opini

SOROT

Sports

Ari Kuncoro Mundur sebagai Komisaris, BRI Sebut Sudah Terima Surat Erick Thohir

          Ari Kuncoro Mundur sebagai Komisaris, BRI Sebut Sudah Terima Surat Erick Thohir
Ari Kuncoro Mundur sebagai Komisaris, BRI Sebut Sudah Terima Surat Erick Thohir.
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri BUMN Erick Thohir telah menyurati PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk terkait pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen.

"Suratnya (dari Erick Thohir) kami terima dari Kementerian BUMN hari ini," kata Direktur Utama BRI Sunarso dalam konferensi pers usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis, 22 Juli 2021. 

Adapun Ari Kuncoro mengirim surat pengunduran diri terlebih dulu ke Erick Thohir. 

Dalam surat tersebut, kata Sunarso, Erick meminta BRI agar melakukan tindak lanjut secara administratif sesuai ketentuan. 

Tapi sesuai prosedur yang ada, Sunarso menyebut tidak memungkinkan untuk mengubah agenda dalam RUPSLB dalam hitungan hari.

"Paling tidak butuh 45 hari," kata dia. Sehingga dalam RUPSLB yang baru saja digelar, tidak ada pembahasan soal pengunduran diri Ari Kuncoro.

RUPLSB hanya membahas agenda tunggal yaitu menyetujui rencana penerbitan penambahan modal melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Ini terkait pembentukan Holding Ultra Mikro BRI, Pegadaian, dan PT PMN. "Itu saja yang disetujui," kata Sunarso.

Sedangkan untuk pengunduran diri Ari, BRI akan menindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku. "Itu memang butuh waktu," kata dia.

Sebelumnya, Ari menuai sorotan publik setelah merangkap jabatan sebagai rektor UI dan juga komisaris BRI. Tindakan Ari dinilai telah melanggar Statuta UI.

Kontroversi semakin meluas setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi Jokowi meneken PP Nomor 75 Tahun 2021 tentang Statuta UI. Lewat PP tersebut, rektor UI kini boleh menjabat sebagai pejabat di BUMN, sepanjang bukan direksi.

Hingga pada 22 Juli 2021, BRI juga sudah melaporkan pengunduran diri Ari sebagai komisaris kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan bahwa Ari menyampaikan surat pengunduran diri kepada Kementerian BUMN. Surat itu diterima kementerian pada Rabu, 21 Juli 2021.

Sumber: Tempo
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...