Ganefri: NU Sawahlunto Diminta Bekerja Berdasarkan Tiga Pilar

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Sumatera Barat Ganefri menekankan kepada  PCNU Sawahlunto agar bekerja berdasarkan tiga pilar Nahdlatul Ulama. Yaitu firkah, harakah, dan amaliah.

"PCNU Sawahlunto harus paham dengan firkah NU, yakni Nahdlatul Ulama senantiasa mengusung nilai-nilai yang berhaluan pada konsep tasammuh (toleran), tawassuth (moderat), tawazzun (seimbang) dan ‘adalah (adil). Artinya, NU tidak condong pada  pemikiran liberal ataupun pemikiran radikal,” kata Ganefri saat melantik PCNU Kota Sawahlunto, Sabtu, 10 Juli 2021. 

Menurut Ganefri, secara harakah NU itu tidak kerja sendiri dan bekerja sendirian. NU itu mengusung bekerja sama dan bekerja bersama-sama. NU  senantiasa bersinergi dengan pemerintah, baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah. Karena itu, PCNU Sawahlunto harus bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Sawahlunto, khususnya dalam masa pandemi ini.

Dikatakan Ganefri, secara amaliah (cara beribadah) Nahdlatul Ulama merupakan organisasi Islam yang mengusung ideologi Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja), menjaga kemurnian Islam dengan berpegang pada Al-Qur'an, sunah Nabi, dan para sahabat dengan sanad keilmuan yang jelas. 

"Tugas PCNU Sawahlunto tinggal mengemasnya agar masyarakat Kota Sawahlunto menjadi warga Nahdiyin," pesan  Ganefri yang didampingi Sekretaris PWNU Sumbar Suleman Tanjung. 

Ganefri juga menyampaikan terima kasih kepada Walikota Sawahlunto  Deri Asta, SH dan Wakil Walikota Sawahlunto H. Zohirin Sayuti memfasilitasi  pelantikan PCNU Sawahlunto.

Ketua PCNU Kota Sawahlunto Oktoverisman kepada Bentengsumbar.com menyebutkan, usai dilantik ini NU Kota Sawahlunto akan focus terhadap konsolidasi organisasi. 

Selain itu merangkul warga yang amaliahnya sejalan dengan NU untuk bersama-sama membesarkan NU di kota yang terkenal dengan batu bara ini. 

“Kita akan upayakan membumikan nahdiyyin di Sawahlunto. Salah satunya dengan mengaktifkan yasinan, muzakarah dan kegiatan keagamaan lainnya. Dengan adanya empat Majelis Wakil Cabang (MWCNU), didorong untuk melakukan kegiatan tersebut secara bergiliran,” kata Oktoverisman.

Dikatakan Oktoverisman, tentu dukungan dari segenap pengurus NU Kota Sawahlunto yang sudah dilantik ini sangat penting. Sehingga program kerja dan konsolidasi organisasi NU bisa berjalan dengan lancar. 

Laporan: Bagindo Armaidi Tanjung

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »