Pengamat dan JK Bongkar Rahasia Rizieq di Pilpres 2024, Dahsyat!

Pengamat dan JK Bongkar Rahasia Rizieq di Pilpres 2024, Dahsyat!
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab resmi divonis empat tahun bui oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur atas kasus swab test di RS Ummi Bogor. 


Lalu, apakah Habib Rizieq masih punya pengaruh atau kekuatan besar pada Pilpres 2024 jika dia tetap dipenjara? 


Terkait hal ini, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Zaki Mubarak menilai Habib Rizieq masih punya kekuatan pada Pilpres 2024. 


"Jika dia (Habib Rizieq, red) sedang menjalani hukuman, pengaruhnya berkurang, tetapi tidak hilang," ujar Zaki, dilansir dari GenPI.co pada Ahad, 18 Juli 2021. 


Zaki mengatakan bahwa Habib Rizieq masih mempunyai banyak pengikut dan tidak sedikit yang militan. 


Menurut Zaki, pengaruh Habib Rizieq sedikit banyak ditentukan oleh ada atau tidaknya kepemimpinan baru yang solid dan militan yang mampu menyatukan para pengikutnya. 


"Sosok pemimpin baru itu juga harus mampu merepresentasikan suara dan kepentingan Habib Rizieq di ruang publik," jelasnya.


Sementara itu, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai dukungan Habib Rizieq bukan menjadi penentu kemenangan seorang capres pada Pilpres 2024.


"Berapa banyak sih yang bisa dipengaruhi Habib Rizieq? Tidak banyak," kata JK seperti dikutip dari YouTube BeritaSatu, Jumat, 16 Juli 2021.


JK mengatakan, pendukung Habib Rizieq memang militan, tetapi masih ada silent majority. 


"Lebih banyak silent majority yang menentukan, bukan gemuruhnya massa di jalan,” imbuhnya.


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »